Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Hamil merupakan anugerah yang besar bagi seorang wanita. Selain itu, kehamilan juga merupakan momentum yang baik serta ideal untuk mulai merawat dengan benar kesehatan fisik maupun emosional. Oleh sebab itu, jika Anda saat ini sedang mengandung seorang janin atau Anda adalah seorang calon ayah, tidak ada salahnya mempelajari beberapa tips menjaga kesehatan ibu hamil berikut ini.

Hamil

1. Berkonsultasi dengan dokter atau bidan

Setelah mengetahui bahwa Anda sedang hamil, cobalah untuk langsung datang ke dokter ataupun bidan. Dengan cara ini, dokter atau bidan tersebut akan mengatur perawatan antenatal Anda. Selain itu, akan ada nasehat-nasehat penting yang akan Mereka berikan. Terlebih jika nantinya Anda harus mengatur jadwal scan ultrasound ataupun tes lainnya.

2. Konsumsi makanan yang baik

Makanan adalah hal yang harus benar-benar diperhatikan oleh seorang ibu hamil. Diet yang seimbang memungkinkan ibu dan janinnya tumbuh dengan sehat. Ada beberapa jenis makanan yang dapat Anda usahakan untuk mengonsumsinya. Diantaranya adalah lima porsi buah serta sayur setiap hari, karbohidrat (nasi, roti, gandum ataupun pasta), makanan berserat, protein (ikan, daging non lemak, telur, susu dan kacang-kacangan), ikan berminyak, makanan yang mengandung vitamin, mineral dan asam lemak omega-3.

3. Konsumsi suplemen

Meskipun suplemen bukanlah alternatif untuk diet seimbang saat sedang hamil. Namun asupannya sangat membantu jika Anda merasa bahwa makanan yang dikonsumsi tidak mencakup semua sumber nutrisi penting. Pastikan suplemen yang ibu hamil konsumsi adalah 400 mikrogram asam folat. Dengan suplemen asam folat ini, janin dalam kandungan akan berkurang tingkat risikonya untuk terkena cacat tabung saraf (misalnya, spina bifida).

Selain asam folat, tips menjaga kesehatan ibu hamil selanjutnya adalah dengan mengonsumsi suplemen antenatal. Anda bisa mendapatkannya dari multivitamin, khususnya vitamin D.

4. Perhatikan kebersihan makanan

Ada beberapa makanan yag memang dianjurkan untuk tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal tersebut berkenaan dengan risiko yang mungkin timbul terhadap calon bayi. Selain itu, kebersihan makanan juga dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan calon bayi.

Ada beberapa penyakit yang hadir di dalam makanan yang kotor. Salah satu yang paling umum adalah listeriosis. Penyakit ini merupakan infeksi yang penyebabnya merupakan bakteri listeria. Meskipun jarang mengancam kesehatan, infeksi ini diteliti dapat menyebabkan komplikasi terhadap kehamilan maupun kelahiran, bahkan dapat menimbulkan keguguran. Ada beberapa jenis makanan yang mungkin menjadi sarang bakteri listeria, diantaranya adalah berbagai jenis pete, susu yang tidak dipasteurisasi dan beberapa jenis keju.

5. Olahraga teratur

Tips menjaga kesehatan ibu hamil yang terakhir adalah rajin berolahraga. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat ibu hamil dari olahraga, diantaranya adalah untuk meningkatkan daya tahan dan kekuatan tubuh, mempermudah tubuh kembali ke bentuk semula setelah persalinan, menurunkan risiko obesitas serta menangkal depresi. Sedangkan untuk jenis olahraganya, Anda dapat melakukan beberapa latihan ringan, seperti jalan cepat, berenang, yoga dan pilates.

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply