Penyebab Sakit Perut: Dimana dan Penyebabnya

Penyebab Sakit Perut: Dimana dan Penyebabnya ? . Sakit perut bisa datang kapan saja tanpa sebab yang belum benar-benar kita ketahui. Bermacam-macam hal dapat menjadi penyebab sakit perut. Bagian perut sebelah mana yang anda rasa sakit harus anda perhatikan. Sakit perut di bagian atas dan bagian bawah tidaklah sama penyebabnya, dan tidaklah sama cara penanganannya.

Penyebab Sakit Perut

Penyebab Sakit Perut

5 Bagian Perut yang Sakit

Ketika anda mengalami sakit perut, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengetahui bagian mana yang menjadi titik sakit. Untuk mengetahui hal tersebut, hal yang harus anda lakukan adalah menekan-nekan perut hingga anda menemukan titik penyebab sakit. Ada berbagai macam penyakit di setiap bagian perut, dan bagian tersebut dibagi menjadi lima.

 

  1. Bagian Tengah Atas

Rasa sakit pada perut bagian atas adalah sakit perut yang sering atau biasa anda rasakan seperti saat anda berbaring setelah menyantap makanan. Menurut penjelasan medis, sakit perut ini disebabkan oleh terdesaknya gas di lambung untuk menuju ke atas. Namun tidak hanya hal ringan seperti gas saja yang dapat menjadi penyebab sakit perut di bagian atas. Kondisi medis yang mungkin anda derita juga dapat menjadi penyebab lainnya.

 

  1. Bagian Bawah

Sakit di bagian perut bawah biasanya dirasakan oleh kaum hawa. Menstruasi, ovulasi, radang panggul, atau ovulasi merupakan beberapa contoh penyebab sakit perut bagian bawah pada seorang wanita. Sedangkan secara umum, rasa sakit pada perut bagian bawah dapat ditimbulkan oleh infeksi. Cidera dan gangguan usus, infeksi ginjal, atau batu ginjal bisa menjadi penyebab anda merasakan sakit di perut bagian bawah.

 

  1. Bagian kanan atas

Rasa sakit pada perut bagian kanan atas biasanya disebabkan oleh hal-hal yang cukup kronis seperti hepatitis, atau batu empedu. Sakit pada perut bagian kanan atas akan lebih baik jika langsung anda periksakan untuk mengetahui penyebabnya agar dapat mendapatkan penanganan yang tepat.

 

  1. Bagian kanan bawah

Sakit perut pada bagian kanan bawah dapat disebabkan oleh kehamilan ektopik atau kista ovarium. Sama halnya dengan sakit perut pada bagian kanan atas, sakit perut pada bagian kanan bawah merupakan penyakit kronis yang harus segera anda konsultasikan ke ahli.

 

  1. Bagian kiri atas dan bawah

Sakit perut bagian kiri atas dan bawah dapat disebabkan oleh infeksi ginjal, batu ginjal, impaksi tinja, usus besar yang robek, pneumonia, radang usus buntu, divertikulitis, atau bahkan kanker. Penanganan selain secara medis tidak dianjurkan, karena sakit pada perut bagian kiri disebabkan oleh penyakit-penyakit kronis.

 

Sakit perut yang sering anda alami, ternyata tidak bisa kita biarkan begitu saja karena penyebab sakit perut bukanlah hal yang sepele. Oleh sebab itu, kenalilah penyakit anda agar anda dapat menanganinya dengan tepat.

Penyebab Sakit Perut: Dimana dan Penyebabnya | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply