Penyebab Mata Bisa Bintitan

Bintitan atau hordeolum merupakan salah satu masalah mata yang bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Rasa nyeri yang timbul karena bintitan membuat penderitanya akan merasa ketidaknyamanan yang sangat. Bahkan aktivitas menjadi sangat terganggu.

Umumnya mata yang bintitan ditandai dengan membengkaknya bagian kulit di sekitar mata, khususnya di bagian kelopak mata. Hal tersebut disebabkan oleh infeksi akut pada bagian kelenjar sekresi dari kelopak mata.

Penyebab mata bisa bintitan

Penyebab mata bisa bintitan

Berbicara tentang mata bisa bintitan sendiri tidak lepas dari peran mikroorganisme. Di antaranya yang diteliti menjadi penyebab utama adalah bakteri bernama latin staphylococcal. Bakteri ini bekerja menginfeksi folikel akar yang ada di bulu mata. Setelah infeksi terjadi, kelenjar yang ada di kelopak mata mengalami peradangan dan akhirnya timbul bintitan.

 

Sedangkan mengenai penyebaran bakteri yang menyebabkan mata bintitan juga bisa beragam, tergantung kondisi dari setiap pasien. Namun bila diklasifikasikan, ada beberapa penyebab atau faktor yang bisa membuat mata terinfeksi dan pada akhirnya mengalami bintitan. Di antaranya karena kebersihan kelopak mata yang buruk, penyakit inflamasi, dan kondisi lingkungan. Untuk lebih jelasnya, mari simak beberapa penyebab mata bisa bintitan berikut ini.

 

  1. Kurangnya kebersihan kelopak mata

Termasuk salah satu cara untuk mencegah terjadinya mata bintitan adalah dengan menjaga kebersihan kelopak mata. Bakteri staphylococcus sendiri bisa berkembang dan bertahan hidup di kulit yang normal. Manakala sang bakteri bergerak ke arah selaput lendir atau kelenjar yang ada di kelopak mata, nanah bisa timbul dan menjangkit.

Salah satu cara bakteri tersebut ada di kulit dekat kelopak mata adalah karena menggosok mata dengan tangan yang kotor. Bukan saja bakteri staphylococcus yang bisa datang, namun juga mikroorganisme lainnya. Oleh sebab itu, menjaga kebersihan tangan sangat penting dalam mencegah seseorang terjangkit masalah kesehatan mata. Selain membersihkan tangan, kelopak mata pun harus dibersihkan. Biasanya kelopak bisa dibersihkan dengan scrub yang steril.

 

  1. Penyakit inflamasi di kelopak mata

Penyakit inflamasi juga bisa menjadi penyebab mata bintitan. Di antara penyakit yang umum berperan dalam kasus ini adalah blepharitis. Penyakit ini terjadi ketika kelenjar minyak kecil yang ada di bulu mata tertutup atau terblokir, lalu semakin parah dikarenakan menupuknya bakteri pada folikel yang tertutup tersebut.

Blepharitis juga bisa disebabkan oleh penyakit lainnya, sehingga bisa saling terkait. Di antara penyakit yang berperan dalam hal ini adalah seboroik atau dermatitis, rosacea. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit kulit yang ditandai dengan memerahnya kulit.

 

  1. Keadaan lingkungan

Lingkungan juga bisa menyebabkan mata bintitan. Misalnya saja karena terlalu lama meliha layar komputer, sehingga mata menjadi kering. Mata yang kering lama kelamaan akan menyebabkan timbulnya bintitan.

Selain itu, gizi yang buruk dan infeksi akibat kosmetik juga bisa menjadi penyebab mata bintitan. Penyebab mata bisa bintitan juga berhubungan dengan obat. Khususnya obat yang bisa menimbulkan mata kering. Obat untuk tekanan darah tinggi, antidepresan, dekongestan, antihistamin, dan obat jenis isotretinon juga bisa menjadi penyebab mata bintitan.

Penyebab Mata Bisa Bintitan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply