Manfaat Coklat untuk Kesehatan

Coklat merupakan makanan yang sangat populer di dunia. Dengan rasa, penyajian, dan warna yang beragam membuat coklat disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun lebih daripada itu, ternyata ada berbagai manfaat coklat untuk kesehatan yang jarang diketahui orang banyak. Beberapa di antaranya bisa Anda ketahui pada daftar berikut.

Manfaat Coklat untuk Kesehatan

            Manfaat Coklat untuk Kesehatan

  1. Menjaga kesehatan kulit

Menurut para peneliti di Germany’s Heinrich Heine University, coklat dapat membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Di lain pihak, coklat banyak disangkakan sebagai salah satu makanan penyebab jerawat. Namun pernyataan tersebut sepertinya kurang terpat. Karena peneliti dari Australia’s University of Newcastle menyebutkan bahwa mereka tidak menemukan apa-apa yang menunjukkan bahwa coklat dapat memicu jerawat.

 

  1. Membantu mencegah penyakit jantung

Coklat, khususnya coklat hitam diteliti dapat meningkatkan aliran darah, sehingga sangat baik untuk jantung. Hal ini bisa jadi dikarenakan properti folifenol di dalam coklat hitam yang dapat membantu melepaskan oksida nitrat, sehingga dilatasi arteri dapat ditingkatkan, yang secara bersamaan alirah darah akan meningkat serta agregasi trombosit berkurang.

 

  1. Mencegah komplikasi kehamilan

Manfaat coklat untuk kesehatan selanjutnya berkenaan dengan ibu hamil. Menurut sebuah studi, disebutkan bahwa terdapat bahan kimia bernama theobromine di dalam coklat yang dapat mengurangi preeklamsia, komplikasi kehamilan yang cukup besar. Semakin gelap sebuah coklat, maka efeknya semakin baik.

Preeklamasia sendiri merupakan peningkatan tekanan darah pada ibu hamil. Menurut studi tersebut, coklat dapat menurunkan risko preeklamasia hingga mencapai 69 persen. Walau begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

 

  1. Membantu menurunkan kolesterol

Ada studi kecil yang dilakukan oleh University of Illinois di Urbana-Champaign bahwa flavanol pada coklat hiam dapat membantu menurunkan kolesterol dam menjaga kesehatan tekanan darah. Meskipun tidak sedikit dari pernyataan ini yang ditentang oleh peneliti lainnya.

 

  1. Mengurangi rasa sakit

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Neuroscience menyebutkan bahwa tikus yang diberi makan coklat merespon rasa sakit lebih lambat dari biasanya. Hal ini bisa diterapkan pula pada manusia. Hanya saja, sifat penenang dari coklat ini juga bisa menyebabkan obesitas bila tidak dikontrol dengan baik.

 

  1. Mengurangi risiko stroke

Para peneliti di Finlandia menyebutkan bahwa konsumsi coklat dapat membantu menurunkan risiko terkena stroke. Mereka melakukan pengujian tersebut terhadap sekelompok laki-laki.

 

  1. Membantu menurunkan berat badan

Pada satu sisi, konsumsi berlebih coklat dapat menyebabkan obesitas. Namun di sisi lain, coklat menurut seorang neuroscientist dapat membantu memberikan radar ke otak sehingga orang tersebut merasa kenyang lebih cepat.

 

  1. Baik untuk otak

Manfaat coklat untuk kesehatan yang terakhir pada pembahasan kali ini adalah untuk meningkatkan fungsi otak. Kandungan flavanol pada coklat kemungkinan dapat mengurangi kehilangan memori pada orang tua, sekaligus dapat meningkatkan kualitas anti-inflamasi, khususnya dari coklat hitam.

Manfaat Coklat untuk Kesehatan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply