Makanan dan Minuman Sehat Saat Berpuasa

Puasa adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh kaum muslim di seluruh dunia. Bukan hanya nikmat ibadah yang didapatkan oleh kaum muslim saat bulan Ramadhan tiba, namun juga nikmat saat menyantap makan sahur dan berbuka bersama keluarga. Namun begitu, bagi sebagian orang, momen santap sahur dan berbuka digunakan sebagai ajang berbanyak-banyak mengisi perut. Padahal hal ini sangat krusial, sehingga dapat mempengaruhi kesehatan. Untuk itu, sebelum semuanya terlambat, ada baiknya Anda menyimak beberapa tips memilih makanan dan minuman sehat saat berpuasa berikut ini.

Makanan dan Minuman Sehat Saat Berpuasa

Makanan dan Minuman Sehat Saat Berpuasa

  1. Sayur sebagai makanan utama

Jadikan daging, susu serta biji-bijian menjadi makanan sampingan atau bumbu saja. Mulai untuk berpikir memasukkan wortel dan jenis sayur lainnya untuk lauk pauk Anda saat santap saur maupun berbuka. Anda juga bisa mengolah antara sayur dan daging atau sayur dan ikan.

  1. Minum banyak air

Minuman paling sehat adalah air putih, itu mengapa Anda tidak boleh melewatkannya atau mengurangi porsinya. Dengan konsisten mengonsumsi air saat malam hari, tubuh Anda akan terbebas dari dehidrasi pada siang hari saat puasa. Anda bisa mengonsumsi 8 gelas air putih saat malam, mulai dari berbuka hingga sahur. Selain itu, cobalah untuk menghindari konsumsi teh terlalu banyak, karena hal tersebut dapat menyebabkan hilangnya garam mineral yang berharga bagi tubuh. Anda juga harus berusaha menghindari kafein yang bukan hanya terdapat pada kopi, namun juga ada pada teh.

  1. Contoh rencana makan

Beras, sereal, roti ataupun pasta

Daging, kacang dan kacang-kacangan

Susu dan produk susu sejenis

Kelompok sayur

Kelompok buah

Sedikit gula dan lemak

Keenam kelompok makanan ini sebaiknya ada pada menu makan sahur dan buka Anda. Sehingga nantinya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terpenuhi dengan baik dan konsisten.

Poin aturan makan dan minum yang baik saat bulan puasa:

  1. Hindari terlalu banyak lemak, gula, garam dan kafein
  2. Selalu memiliki makanan segar
  3. Atur porsi untuk menerapkan diet rendah lemak
  4. Usahakan untuk selalu menghidangkan buah dan sayur
  1. Menu berbuka

Makanan dan minuman sehat saat berpuasa selanjutnya adalah dengan memperhatikan menu berbuka. Pastikan Anda memasukkan semua jenis makanan pada poin tiga. Anda juga bisa menambahkan ikan tuna, salad, mentimun atau tomat. Sedangkan untuk daging bisa diganti dengan ayam atau ikan (sesuai selera). Sedangkan sebelum santapan besar, Anda bisa mengonsumsi kurma dan minuman hangat dengan sedikit gula (misalnya teh hijau).

  1. Menu sahur

Makanan dan minuman sehat saat berpuasa selanjutnya adalah komposisi untuk sahur. Berbeda dengan berbuka, Anda bisa memilih makanan dengan karbohidrat kompleks saat sahur, yang mana fungsinya agar sistem pencernaan mencerna makanan dengan waktu yang lambat, sehingga Anda tidak akan terasa terlalu lapar saat siang hari. Ada beberapa jenis makanan dengan karbohidrat kompleks, diantaranya adalah kacang-kacangan, oat, gandum, millet, semolina, beras dan olahan tepung utuh. Selain itu, hindari makan terlalu dini dan usahakan untuk makan dan minum berdekatan dengan saat adzan subuh, sehingga perut akan lebih kuat menahan lapar, karena waktu puasa tidak terlalu lama.

Makanan dan Minuman Sehat Saat Berpuasa | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply