Cara Tradisional Mengobati Pusing

Pusing merupakan keadaan yang umum yang dialami oleh sebagian besar manusia di dalam hidup Mereka. Biasanya gejala dari pusing adalah pusing itu sendiri. Selain itu ada pula gejala lainnya, seperti kehilangan keseimbangan dan kegoyangan. Bahkan pusing juga bisa menyebabkan penderitanya mengalami pingsang. Namun begitu, sebenarnya pusing juga adalah gejala dan bukan penyakit utama. Bisa saja pusing timbul akibat tekanan darah rendah, anemia, alergi, migrain, cedera pada kepala dan lain sebagainya. Ada banyak cara tradisional mengobati pusing yang dapat Anda coba. Beberapa diantaranya bisa Anda lihat pada daftar berikut.

Cara Tradisional Mengobati Pusing

Cara Tradisional Mengobati Pusing

  1. Pernapasan

Melakukan pernapasan teratur adalah cara terbaik untuk mengatasi pusing. Ini karena bernapas dengan benar dapat menjaga otak mendapatkan cukup oksigen, sehingga akan berdampak pada pengenduran sistem saraf dan pengurangan dampak pusing.

Untuk cara melakukannya, Anda bisa duduk dahulu di tempat yang nyaman. Setelah itu letakkan satu tangan di atas perut. Selanjutnya letakkan ibu jari tangan lainnya di satu lubang hidung sembari menutup mulut. Lanjutkan dengan menarik napas dalam-dalam secara perlahan menggunakan lubang hidung yang terbuka. Lalu tutup kedua lubang hidung dan keluarkan udara melalui mulut dengan bibir agak rapat. Ulangi sekitar 10 kali.

  1. Minum air

Cara tradisional mengobati pusing selanjutnya adalah dengan mengonsumsi air putih secara teratur. Hal ini dikarenakan salah satu penyebab pusing adalah dehidrasi. Sedangkan dehidrasi sendiri merupakan dampak dari kurangnya cairan di dalam tubuh. Untuk itu, jika Anda ingin mengobati pusing, alangkah baiknya imbangi dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Setidaknya konsumsi sebanyak 8 hingga 10 gelas sepanjang hari. Anda juga bisa mencampurkan air putih dengan berbagai produk sehat, semisal sup, jus buah dan madu.

  1. Jahe

Jahe dapat digunakan untuk mengobati pusing dan muntah yang menyertainya. Hal ini dikarenakan jahe dapat membantu merangsang sirkulasi darah ke otak dan bagian tubuh lainnya, sehingga dapat membantu mengurangi intensitas pusing. Untuk cara penggunaannya, Anda bisa memotong kecil jahe segar lalu mengonsumsinya. Jika tidak ada jahe segar, Anda bisa membeli permen jahe. Selain itu, Anda juga bisa membuat teh jahe atau jamu. Lakukan cara beberapa kali sehari sesuai kebutuhan. Jika ingin menggunakan suplemen, konsultasikan dahulu kepada dokter.

  1. Lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan melawan berbagai penyakit. Hal inilah yang menyebabkan ramuan lemon cocok untuk menyembuhkan pusing. Terlebih lagi lemon mengandung nutrisi penting lainnya yang dapat menjadi agen energi alami.

Untuk penggunaannya, Anda bisa mencampurkan perasan 1/2 buah lemon dengan secangkir air. Tambahkan juga gula sebanyak 2 sdt agar tidak terlalu masam. Setelah itu konsumsi sebanyak 3 kali dalam sehari.

  1. Makanan sehat lainnya

Cara tradisional mengobati pusing yang terakhir adalah dengan mengonsumi berbagai jenis makanan bernutrisi. Dengan rutin mengonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan sampah (junk food), maka pusing dapat diobati sekaligus juga dicegah. Hal ini berhubungan dengan pencegahan gejala pusing dari berbagai jenis penyakit, semisal tekanan darah rendah, gula darah rendah dan anemia. Konsumsilah setidaknya makanan yang kaya akan zat besi, serat, asam folat dan vitamin A.

Cara Tradisional Mengobati Pusing | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply