Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata. Di era globalisasi ini, sepertinya sebagian besar manusia tidak memperdulikan kesehatan matanya. Hal tersebut terlihat dari banyaknya aktivitas di depan layar yang melebihi batas normal. Selain itu, polusi udara, kurangnya nutrisi baik dan tidak adanya ilmu mengenai kesehatan mata menjadi hal yang sangat umum saat ini. Oleh sebab itu, untuk menghindari dampak-dampak penyakit yang mungkin terjadi, beberapa cara mudah menjaga kesehatan mata di bawah ini mungkin dapat dijadikan jalan keluar.

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

1. Menjaga jarak dengan layar
Layar MP3, tablet, smartphone, laptop dan desktop telah benar-benar mempengaruhi kehidupan manusia. Belum lagi layar-layar yang ada dibandara, persimpangan jalan, stasiun kereta dan lain sebagainya, membuat Kita harus menggunakan mata dengan susah payah, sehingga bermunculanlah berbagai macam penyakit, mulai dari mata kering, merah, kelelahan, penglihatan ganda dan sulitnya fokus. Dari fakta tersebut Kita ketahui bahwa menjaga jarak antara layar dengan mata adalah hal yang wajib. Mengapa? Karena Kita akan sulit menghindari kontak dengan layar, maka satu-satunya cara adalah meminimalisir dampaknya.

Dalam beberapa peneliti, jarak terbaik antara mata dan layar adalah sama dengan panjang lengan. Jadi Anda bisa merentangkan tangan ke arah layar untuk mengukurnya. Selain itu, untuk layar smartphone yang mungkin akan sulit terlihat dengan jarak yang jauh, Anda bisa mengakalinya dengan memperbesar font.

2. Jaga mata tetap berkedip
Secara umum, Kita berkedip sebanyak 15 hingga 20 kali setiap menit. Fungsinya sendiri adalah untuk menyebarkan air mata pada seluruh lapisan mata terdepan (kornea). Hal tersebut yang nantinya akan menjaga mata dari kekeringan yang dapat menyebabkan rasa perih. Untuk menjaga mata tetap berkedip, Anda harus melaksanakan poin pertama, yaitu menjaga jarak mata dengan layar.

Selain itu, ketika Anda melihat layar dengan jarak dekat, Anda harus mempersilahkan waktu sejenak dalam beberapa menit untuk melihat ke arah lain yang jaraknya jauh. Hal ini untuk menjaga kelopak mata tetap berkedip secara natural serta menjaga kelenturan otot pada mata.

3. Mengkonsumsi makanan sehat
Cara mudah menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat. Ada beberapa senyawa pada makanan yang dapat Kita jadikan nutrisi untuk menjaga kesehatan mata, misalnya omega-3 pada macam-macam jenis ikan dan berbagai jenis buah dan sayur yang kaya akan vitamin.Secara rinci, omega-3 pada ikan salmon, sarden, bluefish, todak dan lain sebagainya bukan hanya bisa menjaga kesehatan jantung, namun juga mengurangi risiko terkena penyakit mata.

Hal tersebut juga dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Archives of Ophthalmology pada tahun 2011.Sedangkan untuk sayur mayur dan buah, Anda akan menemukan banyak vitamin dan nutrisi penting bagi mata. Semua nutrisi tersebut dapat dijadikan cara mudah menjaga kesehatan mata yang sangat efisien dan berkesinambungan. Selain itu, sayur-sayur berwarna gelap, brokoli dan kacang polong diteliti oleh University of Geogia di Athena mampu memperbaiki penglihatan serta mengurangi terjadinya stres akibat paparan cahaya berlebih.


Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply