Cara Mengobati Stres

Stres merupakan respon non-spesifik pada tubuh. Banyak sekali penyebab stres yang sering dialami orang-orang pada umumnya, seperti tuntutan pekerjaan, hubungan hingga masalah ekonomi. Selain itu stres juga bisa diakibatkan oleh suatu kejadian traumatis. Untuk dampaknya sendiri terdiri dari efek fisik hingga psikis. Efek fisik meliputi rasa nyeri pada dada, ketegangan otot, sering buang air kecil, sakit perut hingga sulit tidur. Sedangkan efek psikis bisa terdiri dari kegelisahan, kecemasan, depresi, kesedihan hingga lekas marah. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba beberapa cara mengobati stres pada pembahasan berikut.

Mengobati stres

Cara Mengobati stres

  1. Minum teh chamomile

Chamomile merupakan ramuan yang cocok untuk mengurangi stres. Kandungannya yang bersifat menenangkan membuat chamomile dapat secara efektif menjadi sedatif bagi sistem saraf pusat. Selain itu, chamomile juga dapat membantu mengendurkan otot-otot serta memudahkan tubuh untuk tidur lebih produktif.

Anda bisa mengonsumsi sekitar 4 cangkir teh chamomile setiap hari untuk mengobati stres. Untuk pengolahannya bisa dengan mencampurkan 2 sdt chamomile dengan segelas air panas. Tutup dan diamkan selama 10 menit, lalu saring. Tambahkan madu sesuai selera.

  1. Memijat

Stres dapat direda dengan memijat bagian-bagian tertentu pada tubuh. Hal ini merujuk pula pada pengobatan ala Cina, yang mana mereka percaya bahwa pijatan dapat membuka aliran energi yang terblokir, sehingga stres dapat dikurangi dan tubuh akan lebih sehat secara keseluruhan.

Untuk melakukan pemijatan, Anda bisa menggunakan bantuan dari minyak esensial, semisal minyak kelapa, wijen ataupun zaitun. Pijat bagian leher, dahi, bahu, telapak kaki dan punggung. Selanjutnya mandi menggunakan air hangat. Lakukan cara ini setiap hari hingga stres dirasa sudah menghilang.

  1. Minum teh hijau

Selain teh chamomile, Anda juga bisa menggunakan teh hijau sebagai cara mudah mengobati stres. Kandungan L-Theanine, yaitu senyawa asam amino yang ada pada teh hijau dipercaya dapat meningkatkan produksi gelombang alpha pada otak, sehingga mampu membantu mengurangi stres, mendorong relaksasi serta meningkatkan fokus dan mental.

Untuk pengolahannya, Anda bisa mencampurkan 2 sdt teh hijau dengan segelas air panas. Tutup dan diamkan selama 5 menit, lalu tambahkan madu mentah ataupun lemon segar secukupnya. Jika sudah, konsumsi ramuan tersebut. Anda bisa meminum 2 hingga 3 gelas teh hijau setiap hari.

  1. Konsumsi vitamin B

Semua jenis vitamin B, mulai dari B1 hingga B12, dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan sistem saraf. Selain itu vitamin B juga dapat mempromosikan relaksasi serta melawan kelelahan dan stres. Bahkan menurut penelitian, kekurangan vitamin B dapat menyebabkan iritabilitas, sikap apatis dan depresi.

Anda bisa mendapatkan vitamin B sebagai cara mengobati stres dari berbagai jenis makanan, termasuk alpukat, kentang, pisang dan telur. Selain itu Anda juga bisa mendapatkannya dari suplemen khusus. Namun sebelum mengonsumsi suplemen, Anda membutuhkan konsultasi dengan dokter.

Cara Mengobati Stres | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply