Cara Mudah Mengobati Mulut Kering

Mulut kering dalam bahasa medis disebut dengan nama xerostomia. Penyakit ini umum terjadi pada siapa saja dan biasanya disebabkan oleh perubahan pada komposisi saliva atau aliran saliva yang berkurang. Selain itu mulut kering juga bisa menjadi indikasi tidak bekerjanya kelenjar ludah dan juga dikaitkan dengan kondisi-kondisi tertentu, seperti kecemasan, stres, depresi, akibat merokok, mendengkur ataupun penuaan. Untuk gejalanya sendiri meliputi banyak hal, seperti muncul perasaan kering pada mulut, air liur tebal, lidah kasar dan lain sebagainya. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menerapkan cara mudah mengobati mulut kering pada daftar di bawah.

Cara Mudah Mengobati Mulut Kering

Cara Mudah Mengobati Mulut Kering

  1. Cairan

Dehidrasi adalah salah satu penyebab dari mulut kering. Oleh sebab itu, untuk menyembuhkannya Anda memerlukan asupan cairan yang cukup. Nantinya hidrasi akan memudahkan tubuh untuk memproduksi air liur lebih banyak, sehingga akan menyingkirkan gejala mulut kering.

Setidaknya konsumsi air yang cukup sepanjang hari. Anda juga bisa mengonsumsi es batu kecil, jus buah, jus sayuran, teh hijau, teh chamomile ataupun makanan yang mengandung cairan, semisal sup. Selain itu hindari juga minuman yang dapat menyerap air, seperti minuman berkafein, soda dan minuman beralkohol.

  1. Cabe rawit

Benar, cabe rawit dapat merangsang produksi air liur. Itu mengapa mengonsumsi cabe rawit dapat dijadikan solusi terbaik dalam mengatasi mulut kering. Selain itu cabe rawit juga dipercaya dapat meningkatkan selera makan dan membuat lidah dapat membedakan rasa jauh lebih baik.

Untuk cara penggunaannya sangat mudah, dimana Anda hanya perlu mengoleskan bagian dalam cabe rawit ke atas lidah. Sensasi terbakar tentu akan muncul, namun secara bersamaan kelenjar ludah akan terangsang dan memunculkan banyak air liur. Anda juga bisa menambahkan bubuk cabe rawit ke dalam makanan yang akan disantap.

  1. Minyak kelapa

Cara mudah mengobati mulut kering selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Cara ini sebenarnya merupakan metode kuno di India, yang mana fungsinya membantu menjaga mulut agar tetap basah. Manfaat lainnya juga ternyata dapat menghilangkan bau mulut dan menjaga kesehatan mulut itu sendiri. Sebenarnya bukan hanya minyak kelapa yang dapat digunakan, minyak nabati lainnya, semisal minyak wijen juga bisa Anda coba.

Cara penerapannya sangat mudah. Anda hanya perlu mengonsumsi 1 sdm minyak kelapa. Namun diamkan terlebih dahulu di sekitar mulut, sehingga minyak dapat melekat ke seluruh dinding mulut. Tunggu hingga 15 menit, lalu bilas mulut dengan air hangat. Anda bisa menyikat gigi jika ada sisa minyak yang melekat.

  1. Lemon

Jus lemon adalah cara mudah mengobati mulut kering yang terakhir pada pembahasan kali ini. Fungsi dari jus lemon ini tetap sama, yaitu untuk merangsang produksi air liur, sekaligus mengurangi gejala mulut kering. Selain itu, sifat asam pada lemon juga dapat membantu membersihkan mulut, termasuk dari serangan bau yang dihasilkan oleh bakteri. Untuk penerapannya sendiri bisa dengan mencampurkan lemon dengan segelas air, setelah itu konsumsi sepanjang hari.

Cara Mudah Mengobati Mulut Kering | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply