Cara Mudah Mengobati Dehidrasi

Dehidrasi terjadi ketika tubuh kekurangan cairan. Hal ini jika dibiarkan sangat berbahaya, karena setiap sel tubuh membutuhkan air bersama dengan oksigen. Penyebab dari dehidrasi sendiri sangat bervariasi, mulai karena olahraga berat pada cuaca panas, muntah, diare, keringat berlebih ataupun buang air kecil berlebih. Sedangkan gejalanya sendiri mulai dari mulut kering, haus, kelelahan, kulit kering, sembelit, sakit kepala, pusing, mata cekung, tekanan darah rendah, napas cepat, bahkan hingga delerium (kehilangan kesadaran). Untuk mengatasi hal seperti ini, ada baiknya Anda menerapkan cara mudah mengobati dehidrasi pada pembahasan berikut.

Cara Mudah Mengobati Dehidrasi

Cara Mudah Mengobati Dehidrasi

  1. Oralit

Melakukan restorasi cepat untuk mendapatkan cairan dan mineral yang sebelumnya hilang sangatlah penting bagi penderita dehidrasi. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan membuat oralit atau ORS (oral rehydration solution).

Cara pembuatannya sendiri sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 1/2 sdt garam, 6 sdt gula putih atau merah dan 4 gelas air putih. Selanjutnya aduk hingga garam dan gula larut sempurna. Konsumsi minuman oralit ini beberapa kali dalam sehari hingga dehidrasi hilang. Anda juga bisa mengonsumsi produk oralit yang sudah disetujui oleh WHO.

  1. Yogurt

Yogurt cocok untuk mengobati dehidrasi akibat muntah ataupun diare. Hal ini karena yogurt merupakan sumber elektrolit yang baik. Selain itu yogurt juga cocok untuk menenangkan sistem pencernaan. Anda bisa mengonsumsi yogurt polos beberapa kali dalam sehari.

  1. Buah dan sayur

Sayuran dan buah-buahan yang kaya air dapat secara efektif dgunakan sebagai cara mudah mengobati dehidrasi ringan sampai sedang. Hal ini ditunjukkan oleh sebuah penelitian di University of Aberdeen, Skotlandia pada tahun 2009 yang menyatakan bahwa buah-buahan dan sayuran yang tinggi kadar airnya dapat menghidrasi tubuh dua kali lebih efektif dari pada segelas air. Beberapa buah dan sayur yang cocok untuk masalah ini diantaranya adalah mentimun, seledri, tomat, bayam, lobak, semangka, jeruk, stroberi, anggur, melon, pepaya dan selada.

Khusus untuk pisang, Anda bisa mendapatkan manfaat lainnya, yaitu kalium, yang dapat membantu mengembalikan mineral penting bagi tubuh. Selain itu juga, pisang dapat membantu mengembalikan fungsi dari otot sempit yang biasanya terganggu akibat kehilangan air berlebih. Anda bisa mengonsumsi 1 hingga 2 buah pisang setiap hari.

Selain pisang, Anda juga bisa mengonsumsi air kelapa. Di sini kandungan elektrolit pada buat kelapa dapat menjadi hydrating yang sangat baik. Selain itu kalori dan gulanya pun relatif rendah. Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of International Society of Sport Nutrition pada tahun 2012 menyebutkan bahwa air kelapa memiliki efek positif yang sama dengan berbagai macam minuman olahraga. Anda bisa mengonsumsi air kelapa beberapa kali dalam sehari.

Selain ketiga cara mudah mengobati dehidrasi di atas, Anda juga dapat mengatasi dehidrasi dengan meningkatkan konsumsi air putih, sekitar 8 hingga 13 gelas sepanjang hari. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi berbagai jenis minuman berkarbohidrat ataupun minuman elektrolit lainnya.

Cara Mudah Mengobati Dehidrasi | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply