Cara Mudah mencegah Stroke

Stroke atau bisa juga Kita sebut brain attack adalah sebuah penyakit yang diakibatkan terputusnya aliran darah yang mengalir ke otak. Dampaknya adalah sel-sel otak akan mengalami kekurangan oksigen, lalu mati. Di sinilah para ahli menyebutkan keadaan otak dengan nama stroke, dimana kemampuan otak, misalnya kontrol (kendali) dan memori hilang. Oleh sebab itu, Anda akan melihat para pasien stroke yang lumpah pada bagian alat gerak tertentu ataupun kehilangan memorinya, tergantu kecil besarnya area otak yang terkena serangan. Melihat begitu besarnya dampak dari penyakit ini, ada baiknya Anda melakukan beberapa cara mudah mencegah stroke di bawah sebelum semuanya terlambat.

cara mudah mencegah stroke

cara mudah mencegah stroke

  1. Berhenti merokok

Banyak sekali dampak negatif dari merokok, salah satunya adalah sebagai penyebab akumulasi jaringan lemak pada pembuluh darah. Sebagian jaringan lemak tersebut pada akhirnya menjadi kolesterol jahat (LDL). Dengan kolesterol jahat yang tinggi, maka diameter pembuluh darah akan berkurang, sehingga tekanan darah meningkat. Walhasil suplai darah terpotong dan stroke menyerang.

  1. Menghindari lemak jenuh

Lemak jenuh menjadi penyebab meningkatnya kolesterol jahat sekaligus sebagai salah satu penyebab utama penyakit jantung. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya mengurangi serendah-rendahnya porsi lemak jenuh, jika Anda tidak ingin plak yang lengket dan tebal melekat pada pembuluh darah, sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat dan stroke hadir.

  1. Olahraga

Melakukan diet sehat untuk mengurangi risiko stroke sudah seharusnya diimbangi dengan latihan yang baik dan konsisten. Selain penting untuk menjaga kesehatan jantung, latihan otot juga akan memberikan dampak yang positif bagi ketersediaan oksigen di dalam darah. Dengan aliran oksigen yang lancar, maka tekanan darah dan stroke bisa dihindari.

  1. Lebih banyak sayur

Sayur kaya akan mineral dan vitamin, oleh sebab itu cocok untuk dijadikan makanan diet penghilang lemak berbahaya yang Kita tahu menjadi penyebab penyakit stroke. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung banyak serat yang baik bagi tubuh.

  1. Hindari alkohol

Cara mudah mencegah stroke selanjutnya adalah dengan menghindari alkohol. Bukan hanya karena memabukan, alkohol juga mampu meningkatkan jumlah lemak pada area perut dan pinggang. Bahkan banyak penelitian yang menyebutkan bahwa konsumsi alkohol dalam takaran yang berat mampu meningkatkan risiko terkena stroke hingga mencapai 45 persen.

  1. Mengurangi sodium

Sodium atau garam mengandung zat natrium hingga mencapai 40 persen. Itu mengapa garam bisa mengganggu keseimbangan sodium-potassium yang menyebabkan munculnya tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, pilahlah makanan yang Anda konsumsi. Kurangi asupan garam pada setiap makanan, meskipun itu terlihat sehat.

  1. Mengurangi stres

Stres menjadi faktor banyaknya penyakit pada tubuh seseorang, termasuk penyakit stroke, tekanan darah tinggi dan jantung. Oleh sebab itu, lakukanlah berbagai hal positif sekaligus menjaga fikiran dari hal negatif.

Kesimpulan

Cara mudah mencegah stroke di atas tentulah tidak bisa menjadi patokan bahwa Anda akan lolos dari penyakit mematikan ini. Namun tidak ada salahnya untuk berusaha melakukannya, terlebih cara-cara di atas memiliki efek lebih untuk mencegah sekaligus mengobati berbagai macam penyakit.

Cara Mudah mencegah Stroke | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply