Cara Mengobati Sakit Tenggorokan secara Alami

Sakit tenggorokan bisa jadi sangat menganggu. Terlebih jika sakit tersebut terjadi dalam waktu yang lama dan menyebabkan penyakit lainnya timbul, seperti flu dan batuk. Sebagian masyarakat dari Kita mungkin akan langsung membeli obat di apotek untuk segera meredakannya. Namun begitu, ternyata ada cara yang lebih aman dan nyaman untuk mengatasi masalah tersebut, diantaranya adalah dengan menggunakan bahan-bahan herbal. Ingin tahu bagaimana cara mengobati sakit tenggorokan secara alami? Berikut ulasannya untuk Anda.

  1. Berkumur dengan air garam

Salah satu penyebab terjadinya sakit tenggorokan adalah karena terdapatnya selaput lendir yang menyebabkan sel-sel yang ada menjadi meradang dan bengkak. Disini, air garam dapat mengurangi pembengkakan tersebut. Selain itu, berkumur dengan air garam juga dapat meredakan rasa sakit ketika menelan dan melarutkan lendir berlebih. Bahkan obat kumur alami ini juga dapat meredakan hidung tersumbat.

  1. Gunakan bawang putih

Meski memiliki bau yang kurang sedap, ternyata bawang putih memiliki banyak sekali manfaat. Bukan hanya sebagai penyedap makanan, namun juga sebagai obat sakit tenggorokan yang alami. Di dalam bawang putih atau garlic terdapat senyawa yang bernama allicin. Senyawa tersebut memiliki khasiat untuk menumpas berbagai macam bakteri penyebab sakit tenggorokan dan peradangan. Selain itu, senyawa tersebut juga mampu untuk melawan kuman yang biasanya menjadi penyebab iritasi dan rasa sakit.

cara mengobati sakit tenggorokan secara alami

cara mengobati sakit tenggorokan secara alami

Untuk menggunakan bawang putih sebagai obat sakit tenggorokan, Anda dapat menyiapkan 1 siung bawang putih yang sudah dipotong menjadi dua pada setiap bijinya. Setelah itu masukan potongan bawang tersebut ke dalam sisi kanan dan kiri mulut (pipi). Selanjutnya hirup udara dari bawang putih tersebut sembari dikonsumsi. Lakukan cara ini sekali setiap hari. Anda juga bisa menambahkan cengkeh untuk menambah khasiatnya.

  1. Uap air panas

Cara mengobati sakit tenggorokan secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan uap panas. Dengan cara ini, sakit tenggorokan akan mereda dan udara yang masuk tidak lagi tersumbat. Selain itu, uap air yang panas pun dapat melarutkan lendir yang ada pada tenggorokan maupun hidung.

Untuk melakukan poin ketiga ini, Anda tidak harus pergi ke sauna. Anda hanya perlu merebus air dalam satu panci, setelah itu menuangkannya ke dalam mangkuk. Selanjutnya dekatkan mangkuk tersebut ke wajah agar uap berhembus ke arah Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan handuk di atas kepala agar uap tidak bergerak dan hanya fokus ke wajah. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih.

  1. Berkumur dengan ramuan baking soda

Selain menggunakan air garam, ternyata Anda juga bisa mengobati sakit tenggorokan secara alami menggunakan baking soda. Mengapa? Karena baking soda mengandung senyawa yang bersifat antibakteri, sehingga kuman penyebab pembengkakan dan peradangan pada tenggorokan dapat diatasi. Selain itu, baking soda juga memiliki sedikit zat Alkaline PH yang dapat menjaga tenggorokan Anda dari iritasi.

Untuk cara menggunakannya, Anda dapat melarutkan air hangat dengan 1/2 sdt baking soda. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan 1/2 sdt garam untuk meningkatkan khasiatnya. Tuangkan ramuan tersebut ke dalam mulut, lalu diamkan sejenak. Selanjutnya Anda dapat berkumur dengannya. Lakukan cara ini 3 kali dalam sehari.

     Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak sekali cara mengobati sakit tenggorokan secara alami. Bahkan, Anda bisa meredakan sakit tenggorokan hanya dengan mencampurkan air hangat dengan cabe. Namun begitu tetap saja, cara terbaik untuk mengatasi masalah kesehatan ini adalah dengan beristirahat.

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan secara Alami | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply