Cara Mengobati pembengkakan Hati secara Tradisional

Pembengkakan pada hati bisa disebabkan karena akumulasi lemak di dalam sel-sel hati. Sebenarnya lemak pada hati adalah normal. Namun ketika lemak tersebut jumlahnya lebih dari 5 sampai 10 persen, maka itu bisa menyebabkan pembengkakan hati atau fatty liver. Penyebab utamanya sendiri bisa dikarenakan konsumsi alkohol. Sedangkan risikonya bisa menyebabkan obesitas, diabetes tipe dua hingga terkena virus hepatitis. Anda yang mengalami hal ini bisa mencoba salah satu dari beberapa cara mengobati pembengkakan hati secara tradisional pada pembahasan di bawah.

cara mengobati pembengkakan hati secara tradisional

cara mengobati pembengkakan hati secara tradisional

  1. Cuka sari apel

Cuka apel dapat membantu menyingkirkan akumulasi lemak di dalam dan sekitar hati. Selain itu juga, cuka sari apel dapat menjaga kesehatan hati dan mengurangi peradangan. Anda bisa mencampurkan segelas air hangat dengan 1 sdm cuka sari apel mentah. Selanjutnya tambahkan sedikit madu dan konsumsi sebanyak dua kali dalam sehari sebelum makan. Lakukan selama beberapa bulan.

  1. Lemon

Cara mengobati pembengkakan hati secara tradisional selanjutnya dapat Anda lakukan dengan menggunakan olahan lemon. Di sini kandungan vitamin C pada lemon dapat dijadikan antioksidan yang dapat membantu hati menghasilkan enzim yang biasa disebut glutathione. Enzim ini dapat menetralkan racun, sekaligus membantu detoksifikasi hati. Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal Clinical and Experimental Pharmacology and Physiology pada tahun 2014 disebutkan bahwa senyawa dalam lemon, yaitu naringenin dapat membantu meringankan peradangan hati.

Anda bisa memeras 1/2 buah lemon untuk dijadikan jus dengan cara dicampurkan bersama segelas air. Konsumsi sebanyak 2 hingga 3 kali sehari selama beberapa minggu. Untuk minuman sehari-hari, Anda bisa mengoahnya dalam bentuk botolan dengan 2 atau 3 potong lemon.

  1. Teh hijau

International Journal of Molecular Medicine pada tahun 2013 menerbitkan sebuah studi yang mana menyebutkan bahwa teh hijau dapat membantu meningkatkan fungsi hati, sekaligus melakukan infiltrasi lemak pada pasien penderita pembengkakan hati. Teh hijau dapat memblokir jumlah lemak berlebih yang disimpan di hati.

Untuk cara penggunaannya sendiri sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengonsumsi 3 hingga 4 cangkir teh hijau setiap hari. Anda juga bisa memberi ekstrak teh hijau dalam bentuk cairan atau kapul. Namun ingat untuk tetap berkonsultasi ke dokter jika menggunakan suplemen.

  1. Pepaya

Menurut pengobatan india (Ayurdeva), buah pepaya dan bijinya dapat digunakan sebagai cara mengobati pembengkakan hati secara tradisional. Khasiatnya sendiri sebagai pembakar lemak yang menjadi penyebab utama penyakit ini. Untuk cara penggunaannya sendiri bisa dengan menggiling 5 hingga 6 biji pepaya kering. Haluskan sembari ditambah 1 sdm jus lemon. Konsumsi sebanyak dua kali dalam sehari selama 1 bulan.

  1. Kunyit

Cara mengobati pembengkakan hati secara tradisional yang terakhir adalah dengan menggunakan ramuan kunyit. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, kunyit sangat efekif melawan pembengkakan pada hati. Hal tersebut juga dibuktikan oleh studi pada tahun 2008 oleh Journal China Pharmaceuticals. Untuk pengolahannya bisa dengan cara menyeduh 1/4 sdt bubuk kunyit dengan segelas air mendidih. Konsumsi dua kali dalam sehari selama beberapa minggu.

Cara Mengobati pembengkakan Hati secara Tradisional | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply