Cara Mengobati Bulimia Nervosa

Bulimia Nervosa merupakan gangguan makan yang amat serius. Nantinya gangguan makan ini bisa mempengaruhi sistem saraf, sehingga dapat menimbulkan gangguan emosional atau kejiwaan, sehingga selain masalah gangguan makan, bulimia nervosa juga bisa menyebabkan pasiennya mengalami depresi, rendah diri hingga kecemasan kronis. Jika ada keluarga atau teman Anda yang mengalami gangguan tersebut, coba sarankan beberapa cara mengobati bulimia nervosa berikut ini.

Cara Mengobati Bulimia Nervosa

                Cara Mengobati Bulimia Nervosa

  1. Lidah buaya

Salah satu gejala yang timbul akibat bulimia nervosa adalah masalah perut, kembung, sakit perut dan masalah-masalah umum lainnya. Itu mengapa sebagian pasien menggunakan obat pencahar, diuretik ataupun stimulan lainnya yang berefek sama. Tentu saja obat-obat kimia memiliki dampak negatif yang bisa saja memperparah keadaan jika dipakai terus-menerus.

Untuk itu, dibandingkan menggunakan obat kimia, ada baiknya menggunakan bahan alami dan salah satunya adalah lidah buaya. Orang-orang percaya bahwa lidah buaya dapat menenangkan sakit perut dengan cepat, sekaligus juga mengurangi kembung.

  1. Probiotik

Gejala lainnya yang biasa dialami oleh penderita bulimia nervosa adalah muntah. Jika kita melihat gejala tersebut tentu biasa saja, sama seperti seorang yang sedang muntaber atau demam. Namun jika kita runut, maka muntah adalah gejala yang cukup berbahaya.

Muntah merupakan keadaan dimana isi dari empedu serta asam lambung keluar melalui sistem pernapasan dan tenggorokan. Ketika ini terjadi banyak bakteri baik di dalam tubuh ikut terbuang, menyebabkan usus tidak lagi produktif. Hal ini bukan hanya berdampak pada sedikitnya nutrisi pada makanan yang diserap oleh tubuh, namun juga proses penyembuhan bulimia nervosa akan semakin lama. Untuk itu dibutuhkan asupan probiotik untuk membantu menumbuhkan kembali bakteri baik di dalam tubuh.

  1. Ginseng

Cara mengobati bulimia nervosa selanjutnya adalah dengan menggunakan ginseng. Perlu diketahui bersama bahwa ginseng dapat bermanfaat untuk mengatasi gangguan makanan, merangsang nafsu makan, meningkatkan mood, mengurangi kecemasan, menenangkan perasaan dan perilaku kompulsif. Semua manfaatnya tersebut sangat cocok dengan gejala yang timbul pada penderita bulimia nervosa, sehingga membuat ginseng merupakan bahan herbal yang sangat cocok dalam membantu mempercepat proses penyembuhan.

Untuk penerapan terbaik bisa dengan mengonsumsi ekstrak ginseng serta suplemen. Bahan herbal tersebut mudah dicari di toko obat atau toko apotek hidup dan suplemen. Namun begitu penggunaan dengan resep dokter adalah pilihan paling bijak.

  1. Jeruk

Cara mengobati bulimia nervosa yang terakhir adalah dengan mengonsumsi jeruk. Buah jeruk dapat digunakan sebagai perangsang nafsu makan. Selain itu jeruk juga populer dengan kandungan viamin C yang tinggi, yang mana dapat dijadikan asupan antioksidan yang baik bagi tubuh, terutama sebagai penangkal infeksi dikarenakan dampak bulimia nervosa yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C juga merupakan unsur yang penting dalam produksi kolagen, yang mana bertugas untuk memperbaiki sel serta jaringan yang rusak, sehingga meningkatkan percepatan penyembuhan bulimia nervosa.

Cara Mengobati Bulimia Nervosa | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply