Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Flek hitam, bintik-bintik hitam, atau hiperpigmentasi pada wajah bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti bekas jerawat, paparan sinar matahari berlebih, dan perubahan hormonal. Meski saat ini banyak obat yang dijual di pasar, tidak semuanya benar-benar dapat menghilangkan flek hitam. Bahkan tidak sedikit yang berbahaya. Untuk itu, bagi Anda yang sedang kebingungan mengenai masalah ini, tidak salah bila coba membaca pembahasan mengenai cara menghilangkan flek hitam di wajah berikut ini.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

  1. Krim dan serum hydroquinone

Flek hitam bisa dihilangkan atau dipudarkan dengan obat hydroquino, baik krim maupun serum. Namun Anda harus mengetahui permasalahan mengenai obat yang satu ini terlebih dahulu.

Menurut The Food and Drug Administration (FDA), penggunaan konsentrasi bahan aktif ini dibatasi sebanyak 2 persen untuk over-the-counter (OTC) atau obat pasar tanpa resep dan 3-4 persen untuk produk dengan resep. FDA juga memasukkan obat ini ke dalam klasifikasi agen pemutih (dan ini adalah satu-satunya).

Meski oleh FDA diperbolehkan dengan syarat-syarat, hydroquinone sangat terbatas pada kosmetik legal, karena ditakutkan menimbulkan risiko yang tinggi. Bahkan di Afrika Selatan obat ini ilegal. Oleh sebab itu, jika memang obat penghilang flek hitam mengandung hydroquinone yang Anda beli sudah lolos BPOM, maka gunakanlah hanya dalam jangka pendek dan sesuai dengan resep pada kemasan produk tersebut.

  1. Produk retinol

Cara menghilangkan flek hitam di wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan produk-produk retinol, seperti Retin-A dan Renova. Biasanya produk seperti ini mengandung asam alpha-hydroxy dan asam retinoat yang dipercaya bisa meningkatkan pergantian sel, mempercepat pengelupasan kulit, dan mempromosikan pertumbuhan kulit sehat yang baru.

Sedangkan efek samping yang mungkin timbul adalah kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh sebab itu, disarankan menggunakan tabir surya ketika keluar rumah, baik panas ataupun mendung.

  1. Perawatan laser dan peels

Bintik-bintik gelap atau flek hitam pada wajah juga bisa dipudarkan dengan perawatan laser. Cara ini lebih invasif, bekerja di titik-titik yang tepat (terkonsentrasi) dengan menggunakan energi cahaya.

Ada beberapa jenis perawatan yang menggunakan teknik laser dan kinerjanya bisa lebih efektif daripada menggunakan obat topikal (obat oles). Sedangkan efek samping yang timbul di antaranya adalah memar, kemerahan, bengkak, jaringan parut, infeksi, hingga perubahan tekstur kulit.

Untuk peels atau peeling, bisa menggunakan bahan alami ataupun kimia. Pada dokter kulit biasanya dengan bahan kimia dan disebut dengan nama chemical peelings. Fungsinya untuk mengelupas sel kulit mati yang menimbulkan flek hitam, sehingga terlihat lapisan kulit sehat di bawahnya.

  1. Metode-metode alami

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang terakhir adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Di antaranya adalah bahan yang kaya akan vitamin C, asam azelaic, dan beta-karoten. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa coba menerapkan atau mengonsumsi secara rutin salah satu dari bahan-bahan yang dipercaya bisa menghilangkan flek hitam, seperti jus lemon, oatmeal, kacang almond, dan kentang.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply