Cara Menghilangkan Bau Mulut

Cara Menghilangkan Bau Mulut. Tahukah Anda, bau mulut atau dalam bahasa medis disebut halitosis kronis adalah sebuah penyakit yang diderita oleh lebih dari 80 juta orang di dunia. Kebanyakan dari kasus tersebut disebabkan oleh penyakit yang menimpa gigi, lidah dan gusi. Meskipun begitu, bau mulut adalah kondisi umum yang bisa Kita lawan dengan cara-cara yang umum pula. Beberapa diantaranya adalah cara menghilangkan bau mulut di bawah ini.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Cara Menghilangkan Bau Mulut

 

  1. Rutin membersihkan gigi dan lidah

Banyak ahli gigi yang menyarankan masyarakat untuk rajin menyikat gigi. Fokus utamanya adalah 2 kali setiap hari dan salah satunya harus ketika sebelum tidur. Selain itu, pastikan Anda menggosok gigi dengan waktu sekitar 2 hingga 3 menit, agar plak penyebab bau mulut benar-benar larut.

 

Selain gigi, Anda juga harus membersihkan lidah. Hal tersebut karena sebagian bakteri penyebab mau mulut juga terdapat pada lidah. Anda dapat membeli sikat gigi yang dapat membersihkan lidah atau membeli peralatan pengikis lidah. Selain untuk menghilangkan bakteri, membersihkan lidah juga dapat menghilangkan residu penyebab lipatan dan selara pada lidah.

 

  1. Memakai obat kumur

Obat kumur yang beredar di pasaran sekarang hadir dengan zat yang hanya dapat menutupi bau mulut dalam sejenak saja. Bahkan dalam beberapa kasus, obat kumur hanya akan memperparah bau mulut serta menyebabkan iritasi pada jaringan mulut. Oleh sebab itu, Anda memerlukan obat kumur lain. Obat kumur yang terbuat dari teh hitam ataupun air putih yang dicampur dengan minyak peppermint. Obat kumur herbal tersebut bukan hanya dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut, tapi juga dapat menekan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan berbagai macam penyakit.

 

  1. Hindari rokok

Rokok memiliki kontribusi yang sangat tinggi untuk membuat pemakainya memiliki mulut yang bau. Selain itu, salah satu bahan pembuat rokok, yaitu tembakau memiliki sifat yang membuat mulut menjadi kering dan membuat bau dari rokok tersebut melekat pada mulut. Oleh sebab itu, bau mulut ini adalah salah satu dari sekian banyak alasan untuk meninggalkan rokok.

 

  1. Minum air putih yang cukup

Salah satu penyebab bau mulut adalah karena rongga mulut dalam keadaan kering. Oleh sebab itu, cara menghilangkan bau mulut selanjutnya adalah dengan rajin mengkonsumsi air putih, minimal 6 hingga 8 gelas setiap hari.

 

Selain untuk menjaga mulut tetap basah, mengkonsumsi air putih juga dapat membersihkan partikel plak dan bakteri yang melekat pada gigi, lidah dan gusi.

 

  1. Mengkonsumsi buah dan sayur

Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya adalah dengan bantuan sayur dan buah. Mengkonsumsi buah dan sayur mayur yang segar dapat meningkatkan air liur. Air liur tersebut mampu menyingkirkan bakteri pada mulut, lidah dan gusi yang menjadi penyebab bau mulut. Selain itu, perlu Kita tahu bahwa bau mulut juga dapat terjadi akibat perut yang kosong. Jadi, menggunakan buah atau sayur sebagai cemilan adalah pilihan yang sangat tepat.

Cara Menghilangkan Bau Mulut | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply