Cara Alami Mengobati Skizofrenia

Skizofrenia merupakan penyakit berupa gangguan otak kronis yang membuat pasiennya mengalami kesulitan dalam membedakan antara realitas dengan imajiner. Gejala yang umum terjadi cukup banyak, diantaranya muncul halusinasi, delusi, gangguan pemikian, kerataan emosional, perilaku yang tidak teratur, mengabaikan kebersihan diri sendiri hingga keinginan untuk bunuh diri. Untuk mengatasi masalah ini dibutuhkan penanganan yang serius oleh para ahli, dengan diagnosa dan obat yang profesional. Selain itu Anda juga bisa memberikan pengobatan tambahan dengan beberapa cara alami mengobati skizofrenia pada daftar berikut.

Cara Alami Mengobati Skizofrenia

Cara Alami Mengobati Skizofrenia

  1. Panax ginseng

Panax ginseng dipercaya dapat membantu meningkatkan kemampuan memori, konsentrasi dan daya pikir. Dalam sebuah studi pada tahun 2008 disebutkan bahwa Mereka, para peneliti dari Kanada, menyatakan jika panax ginseng dapat membantu mengurangi gejala buruk dari skizofrenia, termasuk kurangnya ekspresi emosional. Hal ini dinyatakan mirip dengan reaksi dari obat antipsikotik.

Konsumsi setidaknya 200mg panax ginseng setiap hari selama beberapa minggu. Namun sebaiknya lakukan metode ini setelah sebelumnya berkonsultasi dengan dokter.

  1. Ginkgo biloba

Para peneliti sedang mencari tahu mengenai pengobatan tambahan untuk skizofrenia dengan menggunakan ginko biloba sebagai cara membantu meningkatkan efektivitas antipsikotik. Menurut Mereka, ginko biloba dapat membantu melindungi pasien dari kerusakan saraf yang disebabkan oleh antipsikotik itu sendiri.

Pada umumnya ginko biloba dikonsumsi sebanyak 360mg dengan ekstrak standar setiap hari. Sedangkan waktu pemakaiannya bisa sampai 16 minggu.

  1. Minyak ikan

Penyakit skizofrenia dapat menyebabkan penurunan asam lemak termasuk asam lemak omega-3. Untuk itu, minyak ikan cocok digunakan sebagai cara alami mengobati skizofrenia, khususnya gejala yang muncul.

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2010 yang dipublikasikan oleh Archieves of General Psychiatry menyebutkan bahwa Mereka menemukan jika omega-3 PUFA atau asam lemak tak jenuh ganda dapat membantu mengurangi risiko pengembangan penyakit psikotik.

Untuk penggunaannya sendiri bisa dengan mengonsumsi 1 hingga 4g suplemen minyak ikan setiap hari. Namun begitu dosis tepat sebaiknya konsultasikan keapda dokter atau ahli. Lebih lagi jika pasien mengonsumsi obat pengencer darah, obat diabetes ataupun obat penyakit kardiovaskular.

  1. Olahraga

Cara alami mengobati skizofrenia lainnya adalah dengan melakukan latihan. Olahraga dipercaya dapat menjaga dan meningkatkan kemampuan fisik maupun mental, sehingga sangat cocok untuk para penderita skizofrenia. Selain itu olahraga juga dapat menjaga mood, kekuatan dan menghindari Mereka dari depresi serta kecemasan.

Untuk jenis olahraganya sendiri cukup banyak. Pasien bisa melakukan olahraga ringan, seperti berjalan dan jogging. Yoga juga dapat dilakukan, karena dapat menjadi terapi yang baik, terutama untuk mengurangi gejala psikotik.

  1. Antioksidan

Cara alami mengobati skizofrenia adalah dengan banyak mengonsumsi makanan dan minuman kaya antioksidan, terutama vitamin, seperti vitamin A, C dan E. Hal ini karena vitamin-vitamin tersebut dipercaya dapat mengurang tingkat keparahan skizofrenia. Nantinya pasien bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan kaya antioksidan, seperti stroberi, bluberi, jeruk, lemon, bayam, wortel dan gooseberry India. Selain itu pasien juga bisa mengonsumsi multivitamin serta suplemen bervitamin. Namun tentunya penggunaan suplemen membutuhkan resep dokter.

Cara Alami Mengobati Skizofrenia | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply