Cara Alami Mengobati Radang Selaput Dada

Radang selaput dada merupakan keadaan yang mana terjadi peradangan pada bagian membran pleura yang berada di rongga dada serta paru-paru. Gejalanya sendiri meliputi munculnya rasa nyeri ketika bernapas dan biasanya bertambah buruk manakala batuk ataupun bersin. Selain itu ada pula gejala lainnya yang umum terjadi, seperti sakit saat berjalan, mengigil, demam serta sesak napas. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan pengobatan konvensional. Selain itu Anda juga bisa mempercepat proses penyembuhannya dengan menerapkan beberapa cara alami mengobati radang selaput dada berikut ini.

image by referensisehat.com

            image by referensisehat.com

  1. Daun kemangi

Daun kemangi suci cocok untuk dijadikan obat radang selaput dada. Hal ini karena kandungan dari daun kemangi yang dapat membantu mengeringkan cairan di pleura, sehingga membuat radang lebih cepat sembuh. Untuk penerapannya, Anda bisa mengonsumsi 20 gram daun kemangi pada pagi hari sebelum sarapan. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsinya pada saat malam hari.

 

  1. Minyak habbatussauda

Habbatussauda atau biji hitam sudah terkenal di dunia sebagai obat mujarab berbagai macam penyakit. Meski bentuknya kecil, namun khasiatnya handal. Anda bisa membeli habbatussauda dalam bentuk minyak. Selanjutnya konsumsi bersama dengan seledri. Nantinya obat herbal ini juga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga radang selaput dada dapat lebih cepat untuk disembuhkan.

 

  1. Daun zaitun

Salah satu kandungan daun zaitun yang dapat dijadikan cara alami mengobati radang selaput dada adalah oleuropein. Senyawa tersebut dipercaya dapat melawan infeksi, sekaligus juga mengurangi tekanan darah. Bahkan daun zaiun juga dipercaya dapat melawan kanker.

Anda bisa menggunakan ekstrak daun zaitun untuk dikonsumsi. Saat ini pun sudah ada yang menjualnya dalam bentuk bubuk atapun kapsul. Anda juga bisa membeli daun zaitun, lalu olah menjadi teh. Daun ini juga diteliti memiliki kandungan senyawa unik, seperti flavonoid, polifenol serta antioksidan, sehingga manfaatnya sangat besar bagi tubuh.

 

  1. Diet dan pola hidup sehat

Ketika mengidap penyakit radang selaput dada, Anda harus melakukan diet sehat dengan mengonsumsi berbagai macam makanan dan minuman yang dapat mendukung percepatan penyembuhan. Salah satunya adalah dengan meningkatkan jumlah asupan air putih. Anda juga harus memilah makanan yang dikonsumsi, entah itu padat ataupun cair. Konsumsi juga susu, sekitar 4 liter per hari. Jika bisa pilihlah susu kambing.

 

Jangan lupa juga konsumsi jeruk, agar sistem kekebalan tubuh meningkat dan penurunan berat badan dapat diatasi. Untuk makanan terbaik, pilihlah sup ayam, kubis dan labu. Anda juga bisa memilih kentang, fanugreek, terong, okra dan kol sebagai sarapan serta makan siang. Hindari makanan yang digoreng dan konsumsi makanan kaya vitamin A dan C.

 

Cara alami mengobati radang selaput dada di atas juga harus didukung dengan istirahat yang cukup dengan cara berbaring. Selain itu juga banyak-banyaklah menghirup udara segar dan berjemur, agar gejala yang timbul dapat dikurangi.

Cara Alami Mengobati Radang Selaput Dada | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply