Cara Alami Mengobati Nyeri pada Lutut

Nyeri lutut bisa menyerang siapa saja. Penyebabnya sendiri pada umumnya karena struktur tulang yang lemah atau terjadi keausan akibat penuaan. Selain itu, nyeri pada lutut juga bisa disebabkan karena cidera patah tulang, cidera meniskus, ligamen, dislokasi sendi lutut, ataupun terjadi kekakuan akibat arthritis. Jika Anda saat ini sedang mengalaminya, Anda bisa mencoba salah satu cara alami mengobati nyeri pada lutut berikut ini.

Cara Alami Mengobati Nyeri pada Lutut

Cara Alami Mengobati Nyeri pada Lutut

  1. Kompres dingin

Hawa dingin yang dihasilkan oleh kompres akan membantu menghilangkan rasa sakit, mengurangi pembengkakan, serta menyempitkan pembuluh darah. Anda bisa membuat kompres dengan cara menggulung beberapa es batu di handuk tipis. Letakkan kompres pada lutut selama 10-20 menit. Lakukan 2-3 kali sehari hingga nyeri hilang.

  1. Cuka sari apel

Efek alkalizing pada cuka sari apel dapat mengobati nyeri pada lutut. Selain itu, cuka apel juga dapat membantu melarutkan mineral serta racun berbahaya yang terdapat pada sendi lutut.

Anda bisa mencampurkan 2 sdt cuka apel dengan 2 gelas air. Konsumsi ramuan ini setiap hari hingga lutut sembuh. Selain itu, Anda juga merendam lutut yang nyeri selama 20 menit di dalam bak air hangatyang sebelumnya sudah dicampur dengan 2 gelas cuka.

  1. Cabe rawit

Percaya atau tidak, cabe rawit juga dapat dijadikan cara alami mengobati nyeri pada lutut. Senyawa pada cabe dipercaya memiliki sifat analgesik, yang berarti dapat membantu menghilangkan rasa sakit.

Untuk penggunaannya, Anda bisa mencampurkan 2 sdm bubuk cabe rawit dengan 1 1/2 cangkir minyak zaitun. Setelah itu, oleskan ramuan ke bagian lutut yang sakit. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari selama 1 minggu.

  1. Jahe

Nyeri pada lutut yang diakibatkan oleh tegangnya otot, cidera, ataupun penyakit arthritis bisa Anda sembuhkan dengan ramuan jahe. Selain dapat mengurangi rasa sakit, kandungan jahe yang bersifat anti-inflamasi pun dapat meredakan pembengkakan.

Anda bisa merebus sepotong kecil jahe segar bersama dengan secangkir air selama 10 menit. Selanjutnya saring dan tambahkan airnya tersebut dengan air lemon dan madu secukupnya. Konsumsi ramuan sebanyak 2-3 gelas setiap hari hingga sakit menghilang.

  1. Kunyit

Rempah kunyit juga bisa Anda jadikan cara alami mengobati nyeri pada lutut. Hal ini karena kunyit mengandung senyawa khas bernama curcumin dan juga antioksidan yang daat membantu mengurangi rasa sakit. Bahkan menurut sebuah penelitian, kunyit dapat menghambat rheumatoid arhtritis, salah satu penyebab timbulnya nyeri pada lutut.

Untuk pengolahan, Anda bisa merebus 1 sdt bubuk jahe bersama dengan segelas susu. Tambahkan madu untuk cita rasa dan konsumsi ramuan ini 1 kali sehari. Andajuga bisa mengonsumsi kapsul ekstrak kunyit dengan takaran 250-300mg sebanyak 3 kali sehari.

  1. Lemon

Cara alami mengobati nyeri pada lutut yang terakhir adalah dengan menggunakan lemon. Kandungan asam sitrat pada lemon dipercaya dapat melarutkan kristal asam urat, yang mana merupakan salah satu penyebab nyeri lutut. Untuk penggunaannya, Anda bisa mengonsumsi jus lemon hangat pada pagi hari selagi perut kosong.

Cara Alami Mengobati Nyeri pada Lutut | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply