Cara Alami Mengobati Lecet pada Kulit

Hampir semua orang pernah merasakan yang namanya lecet pada kulit. Penyebabnya tentu ada banyak, mulai dari terkena gesekkan benda kasar hingga karena gigitan serangga dan reaksi alergi. Untuk gejalanya meliputi rasa nyeri, sensasi terbakar, gatal-gatal, pendarahan, memerah, bengkak dan lain sebagainya. Untuk mencegah dari munculnya infeksi, Anda atau keluarga yang mengalami hal ini bisa mencoba salah satu cara alami mengobati lecet pada kulit berikut ini.

Cara Alami Mengobati Lecet pada Kulit

       Cara Alami Mengobati Lecet pada Kulit

  1. Aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya dipercaya sangat cocok untuk dijadikan obat lecet. Hal ini dikarenakan kandungannya yang bersifat anti-inflamasi dan antiseptik, sehingga dapat menjaga kulit tetap lembab serta meningkatkan kecepatan penyembuhann.

Untuk cara penggunaannya, Anda bisa mngambil bagian daging dari lidah buaya. Selanjutnya oleskan dagingnya tersebut ke bagian kulit yang lecet. Diamkan gel tetap pada kulit. Anda bisa menggunakan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali sehari hingga lecet sembuh.

 

  1. Kunyit

Kulit yang lecet, terkelupas dan beberapa masalah kulit ringan lainnya cocok diobati oleh ramuan kunyit. Bahkan pengobatan tradisional di Indonesia menggunakan ramuan kunyit untuk mempercepat penyembuhan luka sobek, dengan ditambah beberapa bahan alami lainnya. Kunyit sendiri memiliki beberapa kandungan yang bersifat antiseptik dan antibakteri, sehingga dapat menjaga luka dari infeksi dan mempercepat proses penyembuhan.

Untuk pengolahannya, Anda bisa mencampurkan 1/4 sdt bubuk kunyit dengan air hingga menjadi pasta. Selanjutnya terapkan ramuan tersebut langsung ke kulit yang lecet. Diamkan hingga kering dan hindari menutup luka dengan benda apapun. Lakukan cara ini 2 hingga 3 kali sehari selama beberapa hari. Selain itu Anda juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan dengan mengonsumsi segelas susu kunyit dua kali sehari.

 

  1. Minyak kelapa

Cara alami mangobati lecet pada kulit selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Dengan sifat penyembuh dan anti-inflamasinya, minyak esensial ini cocok untuk melapisi kulit yang terluka, melindunginya dan menjaganya dari serangan debu, virus serta bakteri. Selain itu minyak kelapa juga dapat membantu mempercpat pertumbuhan jaringan kulit yang lecet.

Anda bisa mengoleskan secara langsung minyak kelapa ke area kulit yang lecet. Selanjutnya diamkan saja dan jangan dicuci sedikit pun. Anda bisa melakukan metode ini sebanyak 2 hingga 3 kali hingga luka sembuh.

 

  1. Pisang

Buah pisang juga ternyata dapat dijadikan cara yang sangat manjur untuk mengobati kulit yang lecet. Dengan sifat penyembuh, antibakteri serta anti-inflamasi, pisang dapat Anda gunakan untuk mengurangi rasa sakit serta gatal-gatal yang timbul akibat lecet. Selain itu pisang juga dapat membantu menghindari luka dari infeksi akibat bakteri dan virus.

Anda bisa menggerus beberapa buah pisang hingga menjadi pasta. Setelah itu oleskan ramuan tersebut ke area yang terluka. Diamkan hingga kering, lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali sehari selama beberapa hari.

 

  1. Madu

Cara alami mengobati lecet pada kulit yang terakhir adalah dengan menggunakan madu. Dengan sifat anti-inflamasi, antibakteri serta antiseptiknya, madu sangat cocok untuk menjaga area lecet dari infeksi. Anda hanya perlu mengoleskan madu ke area yang terluka. Diamkan beberapa jam, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam beberapa hari.

Cara Alami Mengobati Lecet pada Kulit | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply