Cara Alami Mengobati Fibrosis Sistik

Fibrosis sistik atau Cystic fibrosis merupakan kelainan genetika autosomal yang paling sering mempengaruhi paru-paru. Kelainan ini juga secara sekunder mempengaruhi organ-organ lainnya, seperti hati, pankreas dan usus. Gejalanya sendiri meliputi infeksi paru-paru kronis, termasuk juga pneumonia. Untuk mengatasi hal ini tentu dibutuhkan penanganan medis. Selain itu Anda juga bisa mengimbanginya dengan beberapa cara alami mengobati fibrosis sistik. Bahan-bahan herbal ini nantinya akan membantu menghindari infeksi paru-paru. Meski terlihat hanya melawan gejala, namun tetap sangat bermanfaat.

Cara Alami Mengobati Fibrosis Sistik

Cara Alami Mengobati Fibrosis Sistik

  1. Ginseng

Ginseng memiliki kandungan antibakteri yang dapat mengobati banyak masalah kesehatan. Anda bisa memasukkan ginseng ke dalam makanan, membuat suplemen ataupun membuat teh ginseng untuk dikonsumsi. Semua itu dapat membantu menghilangkan infeksi bakteri yang menyerang paru-paru bersamaan dengan fibriosis sistik.

  1. Bawang putih

Kandungan volatil pada bawang putih memiliki antipati alami terhadap bakteri-bakteri tertentu. Uniknya, kebanyakan bakteri tersebut adalah yang dapat menyebabkan infeksi pada paru-paru. Oleh sebab itu, mengonsumsi bawang putih, memasukkannya ke dalam hidangan dapat membantu meningkatkan pertahanan tubuh terhadap infeksi paru-paru. Anda juga bisa membuat pasta dari bawah putih, setelah itu oleskan ke dada bagian atas. Nantinya aroma yang terhirup pun memiliki khasiat yang baik bagi paru-paru.

  1. Kunyit

Cara alami mengobati fibrosis sistik selanjutnya adalah dengan menggunakan ramuan kunyit. Di sini kunyit dapat dijadikan obat kuat untuk membantu mengurangi peradangan pada paru-paru. Selain itu kandungan kurkumin pada kunyit juga berkhasiat untuk melawan bakteri. Anda bisa mengolah kunyit bersama masakan ataupun membuatnya menjadi pasta dan minuman.

  1. Oats

Oats atau gandum bukan hanya mengenyangkan, namun juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan enzim yang terdapat pada oats dipercaya bisa membantu memodifikasi metabolisme. Selain itu gandum juga mampu membantu memerangi beberapa jalur kimia pada fibrosis sistik.

  1. Teh hijau

Anda juga bisa menggunakan teh hijau sebagai cara alami mengobati fibrosis sistik. Kandungan senyawa katekin dan senyawa organik lainnya pada teh hijau dipercaya dapat bermanfaat langsung pada sistem pernafasan, sekaligus juga membantu menurunkan infeksi. Selain itu, teh hijau juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, dikarenakan kandungan antioksidannya yang tinggi. Teh hijau juga dapat menghilangkan peradangan, sehingga menurunkan risiko infeksi pada paru-paru.

  1. Licorice

Akar licorice dipercaya dapat menjaga fibrosis sistik tetap terkendali. Licorice memiliki kandungan senyawa organik yang kuat, yang mana dapat berkhasiat untuk mengurangi peradangan pada paru-paru sehingga risiko infeksi dapat dikurangi.

  1. Vitamin D

Cara alami mengobati fibrosis sistik yang terakhir pada daftar kali ini adalah dengan menggunakan vitamin D. Untuk mendapatkan vitamin jenis ini, Anda bisa menemukannya pada sinar matahari. Menurut penelitian, vitamin D pada sinar matahari juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pneumonia. Selain itu ada pula penelitian lainnya yang mengatakan bahwa konsumsi vitamin D3 secara rutin dapat secara signifikan mengurangi risiko kekambuhan infeksi.

Cara Alami Mengobati Fibrosis Sistik | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply