Cara Alami Mengobati Dismenore

Dismenore merupakan keadaan ginekologi, yang mana terjadi akibat rasa nyeri akut ketika menstruasi. Dismenore juga sering disebut dengan nama kram menstruasi. Pada umumnya masalah ini terjadi pada wanita muda atau remaja. Bagi Anda atau keluarga yang mengalami masalah ini bisa mencoba salah satu dari beberapa cara alami mengobati dismenore pada pembahasan berikut.

Cara Alami Mengobati Dismenore

Cara Alami Mengobati Dismenore

  1. Mint

Mint sudah dipercaya sejak lama dapat menjadi obat berbagai macam masalah kesehatan perut, gangguan pencernaan, muntah, mual. Itu mengapa mengonsumsi teh mint juga dipercaya dapat membantu mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh dismenore.

  1. Jahe

Selain digunakan sebagai obat sakit perut, diare, radang sendi, hingga jantung, jahe juga ternyata dipercaya sebagai obat ketika mengalami kram menstruasi. Anda bisa mengolah jahe dengan cara direbus dalam air. Setelah itu minum air rebusannya sebanyak 3 kali dalam sehari. Menurut sebuah penelitian disebutkan bahwa jahe memiliki efek asam mefenamat atau ibuprofen, sehingga dapat membunuh rasa sakit yang timbul akibat dismenore.

  1. Peterseli

Peterseli memiliki kandungan yang dapat membantu mengatur siklus menstruasi serta menghilangkan rasa sakit yang timbul karenanya. Anda bisa mencampurkan peterseli dengan sayuran lain, seperti mentimun, tomat, wortel ataupun bit. Menurut beberapa penelitian, peterseli dapat dijadikan obat tambahan bagi penderita dismenore.

  1. Kemangi suci

Kemangi atau basil kudus merupakan salah satu tanaman yang populer di dunia. Ini juga merupakan tanaman obat yang sangat terkenal di India dan menjadi salah satu pengobatan Ayurveda. Menurut sebuah penelitian disebutkan bahwa kemangi suci mengandung zat bernama eugenol yang tinggi, yang mana dapat dijadikan obat alami penghilang rasa sakit. Oleh sebab itu, kemangi suci sangat cocok untuk mengatasi berbagai gejala yang timbul saat mengalami dismenore.

  1. Ketumbar

Cara alami mengobati dismenore selanjutnya adalah dengan menggunakan ketumbar. Sama dengan kemangi suci, ketumbar juga dipercaya oleh masyarakat India sebagai obat yang cocok melawan dismenore. Anda bisa mengolah ketumbar dengan cara direbus bersama dengan air, lalu dikonsumsi secara teratur.

  1. Kayu manis

Kayu manis merupakan rempah-rempah yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Menurut banyak penelitian disebutkan bahwa kayu manis dapat bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit pada pasien dismenore atau kram menstruasi. Kayu manis juga dipercaya memiliki banyak khasiat lainnya, termasuk menjaga stabilitas kadar gula darah, pengurangan kolesterol jahat, melawan kanker hingga mencegah penyakit jantung.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera memiliki senyawa gaharu yang diteliti efektif untuk mengatasi gangguan-gangguan yang terjadi ketika menstruasi, termasuk juga dismenore. Pernyataan tersebut juga sudah diteliti oleh Mitra.

  1. Yoga

Cara alami mengobati dismenore yang terakhir pada pembahasan kali ini adalah dengan rutin melakukan yoga. Menurut sebuah penelitian disebutkan bahwa yoga merupakan salah satu pengobatan alami paling efektif untuk mengatasi kram menstruasi. Ada beberapa gerakan yoga yang paling bermanfaat untuk mengatasi masalah ini, seperti cat posture, cobra posture, wide squat posture, camel posture dan perlvice posture.

Cara Alami Mengobati Dismenore | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply