Cara Alami Mengobati Bronkitis

Bronkitis adalah sebuah penyakit dimana terjadi peradangan, pembengkakan ataupun infeksi saluran bronkial pada bagian antara hidung dan paru-paru. Penyebab dari bronkitis sendiri cukup banyak, mulai dari virus, bakter hingga partikel-partikel yang mampu mengiritasi saluran bronkial. Anda yang terkena penyakit ini biasanya akan mengalami beberapa gejala, seperti sulit bernapas, muncul lendir, nyeri pada dada, hidung tersumbat, mudah lelah, demam dan nyeri pada otot. Ada banyak cara alami mengobati bronkitis yang dapat Anda lakukan di rumah dan beberapa diantaranya dapat Anda pelajari pada artikel di bawah ini.

Cara Alami Mengobati Bronkitis

Cara Alami Mengobati Bronkitis

  1. Jahe

Pada umumnya jahe digunakan untuk mengobati flu biasa. Namun begitu, ternyata sifat anti-infamasi yang ada pada jahe juga mampu membantu Anda sembuh dari bronkitis. Selain itu, jahe juga dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga iritasi, peradangan dan bengkak pada saluran bronkial dapat teratasi.

 

Untuk penggunaannya sendiri cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan 1 sdt jahe dengan kayu manis dan cengkeh ke dalam secangkir air panas. Aduk hingga rata, lalu minum setiap hari. Lakukan cara ini beberapa hari hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

 

  1. Bawang putih

Bawang putih mengandung sifat antibiotik dan antivirus, itu mengapa salah satu rempah-rempah yang populer di Indonesia ini sangat cocok untuk dijadikan cara alami mengobati bronkitis, bahkan hingga bronkitis akut. Anda hanya perlu mengupas dan memotong 3 siung bawang putih. Selanjutnya masukkan potongan bawang putih tersebut ke dalam segelas susu sembari dipanaskan. Konsumsi ramuan herbal tersebut setiap malam sebelum tidur.

 

  1. Kunyit

Selain jahe, ternyata kunyit juga mengandung sifat anti-inflamasi, sehingga dapat dijadikan obat yang praktis untuk mengobati batuk bronkitis. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sdt bubuk kunyit ke dalam segelas susu. Minum ramuan susu dan kunyit ini sebanyak dua hingga tiga kali sehari. Untuk hasil yang lebih maksimal, konsumsi obat tersebut selagi perut kosong.

 

  1. Air garam

Cara alami mengobati bronkitis lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan campuran air garam. Anda dapat menggunakan olahan air hangat dengan 1 sdt garam untuk dijadikan obat kumur. Pastikan jumlah garamnya tepat, karena jika terlalu berlebih dapat menimbulkan sensasi terbakar pada bagian tenggorokan. Namun begitu, Anda dapat berkumur menggunakan air garam sesering yang Anda butuhkan.

 

  1. Madu

Madu juga ternyata memiliki manfaat untuk menyembuhkan bronkitis. Sifat antivirus dan antibakteri pada madu dipercaya dapat menenangkan tenggorokan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda hanya perlu mengkonsumsi 1 sdt madu bersama dengan secangkir teh ataupun lemon hangat.

 

  1. Biji wijen

Cara alami mengobati bronkitis yang terakhir adalah dengan menggunakan biji wijen. Sifat obat yang terkandung pada biji ini ternyata mampu mengobati bronkitis serta membantu meringankan rasa nyeri pada dada akibat bronkitis itu sendiri. Anda bisa mencampurkan 1 sdt biji wijen dengan 1 sdt biji rami. Kedua bahan tersebut bisa Anda masukkan ke dalam cangkir berisi 1 sdt madu dan sejumput garam. Konsumsi ramuan tersebut setiap hari sebelum tidur.

Cara Alami Mengobati Bronkitis | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply