Cara Alami Mengatasi Sakit Perut

Sakit perut tentunya dapat menggangu aktivitas. Terlebih jika sakit tersebut terjadi setiap saat, sehingga menyebabkan tubuh menjadi lemas dan semua kegiatan terbengkalai. Sebagain orang dari Kita mungkin akan langsung membeli obat pil dan mengkonsumsinya. Namun tahukah Anda? Banyak sekali cara alami mengatasi sakit perut yang dapat Kita terapkan dengan mudah dan beberapa diantaranya dapat Anda pelajari pada pembahasan berikut ini.

Cara Alami Mengatasi Sakit Perut

Cara Alami Mengatasi Sakit Perut

  1. Jahe

Belilah jahe segar di supermarket, setelah itu kupas dan parut tipis. Masukkan ke dalam secangkir air yang sebelumnya sudah diberi perasan jeruk nipis dan 1 sdm madu. Konsumsi ramuan jahe ini setiap hari untuk mengobati sakit perut.

  1. Cuka sari apel

Selain digunakan untuk berbagai pengobatan alami, cuka apel juga ternyata dapat dijadikan cara alami mengatasi sakit perut. Anda daat mencampurkan cuka apel dengan 1 sdm madu agar rasanya lebih lezat serta khasiatnya lebih banyak.

  1. Pisang

Pisang mengandung senyawa yang bernama polysaccharide pectin. Kandungan pektin tersebut dapat melancarkan buang air besar serta menenangankan sakit perut. Anda bisa mengkonsumsi pisang secara langsung atau membuatnya menjadi jus.

  1. Peppermint

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland, disebutkan bahwa peppermint memiliki kandungan yang dapat membantu menyembuhkan hampir semua masalah penyakit pada perut, termasuk sakit perut dan susah buang air besar.

  1. Chamomile

Cara alami mengatasi sakit perut selanjutnya adalah dengan mengolah chamomile menjadi teh, lalu mengkonsumsinya secara rutin. Sifat anti-inflamasi dari chamomile dapat membantu menenangkan perut yang sakit.

  1. Yogurt

Salah satu penyebab sakit perut adalah karena adanya bakteri yang menyerang. Oleh sebab itu, disini yogurt yang mengandung probiotik berkualitas mampu mengalahkan bakteri-bakteri tersebut. Selain itu, mengkonsumsi yogurt setiap hari juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Baking soda

Baking soda dapat dijadikan cara alami mengatasi sakit perut. Nantinya dengan mengkonsumsi baking soda, Anda akan lebih cepat bersendawa dan perut akan lebih rendah tekanannya. Selain itu, olahan baking soda juga memiliki peran yang mirip dengan antasida, namun tentunya tidak memiliki efek samping yang buruk. Anda juga bisa menambahkan perasan lemon agar rasanya lebih nikmat.

  1. Kompres hangat

Dengan meletakkan handuk hangat atau air panas yang dimasukkan ke dalam botol tepat di atas perut, sakit yang Anda derita akan pulih berangsur-angsur. Efek dari panas yang ditimbulkan oleh kompres tersebut nantinya akan memudahkan sirkulasi serta aliran darah pada perut Anda, sekaligus menenangkannya.

  1. Sup dan air

Cara alami mengatasi sakit perut yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi sup hangat. Cara ini hampir sama dengan menggunakan kompres, namun bedanya Anda akan terhindar dari dehidrasi sekaligus menambah tenaga dan nutrisi. Selain sup hangat, mengkonsumsi air putih juga bisa dijadikan cara paling manjur untuk menyembuhkan sakit perut, karena sifatnya yang dapat melindungi tubuh dari dehidrasi serta kemampuan untuk melarutkan racun yang ada pada pencernaan.

Cara Alami Mengatasi Sakit Perut | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply