Cara Alami Mengatasi Jantung Berdebar

Jantung berdebar-debar merupakan suatu kelainan atau bisa juga disebut penyimpangan pada detak jantung. Tandanya bisa seperti jantung ingin terbang dan denyutnya kadang lambat dan kadang cepat. Masa berlangsungnya sendiri hanya beberapa detik pada setiap jamnya. Sedangkan sebab dari jantung berdebar atau palpitasi sendiri beragam, bisa karena stimulan eksternal, kondisi biologis (hormonal) ataupun karena faktor psikologis. Untuk mengatasi masalah kesehatan ini, Anda bisa berkonsultasi ke dokter sembari menerapkan beberapa cara alami mengatasi jantung berdebar berikut ini.

Cara Alami Mengatasi Jantung Berdebar

Cara Alami Mengatasi Jantung Berdebar

  1. Manuver Valsalva

Ini merupakan metode kuno yang nantinya dapat memulihkan detak jantung yang berdebar. Fokus utamanya menyebabkan intervensi fisik yang merangsang saraf kranial ke-10 (saraf vagus). Dengan cara ini detak jantung yang cepat akan melambat dan kembali normal.

Pertama cubit (tutup) hidung Anda, lalu tutup mulut. Lanjutkan dengan bernapas keluar secara paksa. Hal ini akan mempercepat detak jantung Anda, dan kemudian secara berangsur-angsur akan memperlambat detak jantung Anda. Teknik ini bisa dilakukan oleh siapa saja, kecuali penderita penyakit jantung.

  1. Batuk

Batuk keras selama beberapa menit dapat membantu memecah pola palpitasi. Hal ini nantinya akan menyeabkan tekanan pada dada, sehingga membuat irama jantung kembali normal. Namun perlu diingat bahwa batuk bukan tindakan pencegahan. Oleh sebab itu gunakan obat sesuai anjuran ahli.

  1. Air dingin

Mengonsumsi air dingin ternyata dapat juga dijadikan cara alami mengatasi jantung berdebar. Hal ini karena jantung berdebar bisa dikarenakan asupan cairan yang kurang, sehingga membuat jantung rentan berdenyut secara tidak teratur.

Selain mengonsumsi segelas air dingin, Anda juga bisa memercikkan air dingin tersebut ke sekitar wajah. Cara ini efektif untuk meredakan jantung berdebar dan kepanikan. Selain itu juga dapat mengurangi stres, kecemasan dan pusing.

  1. Kayu manis

Cara lainnya untuk menormalkan palpitasi adalah dengan membuat ramuan dari kayu manis. Di sini kayu manis bermanfaat karena bahan kimia dan nutrisinya, terkhusus potasium dan mangan yang baik bagi jantung. Semua kandungan tersebut diteliti dapat membantu meningkatkan aliran darah ke jantung, sehingga dapat mencegah kelebihan penumpukan lipoprotein low-density (LDL atau kolesterol buruk) dan juga mengurangi tekanan darah tinggi.

Cara membuat ramuannya sendiri cukup mudah, dimana Anda hanya perlu mencampurkan 1 sdt bubuk kayu manis dengan segelas air putih hangat. Setelah itu minum sekali dalam sehari selama beberapa hari. Anda juga bisa mennambahkan madu untuk meningkatkan cita rasanya.

  1. Konsumsi magnesium

Cara alami mengatasi jantung berdebar yang terakhir pada daftar kali ini adalah dengan menggunakan asupan magnesium. Tubuh yang kekurangan magnesium dapat menyebabkan jantung berdebar atau palpitasi. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengonsumsi salah satu jenis mineral ini secara teratur dengan komposisi yang benar. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa mendapatkan mineral magnesium dari beberapa jenis sumber makanan, seperti kacang-kacangan, lobak swiss, bayam, kale, sayuran dengan daun hijau gelap, alpukat, pisang, coklat hitam, ikan air dingin dan yogurt rendah lemak.

Cara Alami Mengatasi Jantung Berdebar | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply