Cara Alami Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah sebuah keadaan dimana tulang seseorang mengalami kerapuhan atau keropos. Masalah kesehatan ini biasanya disebabkan oleh kadar kalsium dan mineral yang rendah pada tulang. Osteoporosis sendiri bisa sangat berbahaya bagi pasiennya, karena keadaan tulang yang rapuh dan lemah sangat mudah untuk patah. Bahkan tidak sedikit kejadian dimana pasien mengalami patah tulang akibat membungkuk. Untuk menghindari penyakit tulang ini, Kita harus mengkonsumsi berbagai macam makanan yang kaya akan kalsium, protein dan vitamin D dan semua itu dapat Anda temukan pada pembahasan mengenai cara alami mencegah osteoporosis di bawah ini.

Cara Alami Mencegah Osteoporosis

Cara Alami Mencegah Osteoporosis

  1. Susu

Sudah pasti Kita mengetahui bahwa susu adalah salah satu bahan makanan yang sangat kaya akan kalsium dan vitamin D. Kalsium sendiri adalah mineral yang memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tulang. Sedangkan vitamin D adalah vitamin yang berguna untuk membantu proses penyerapan kalsium.

  1. Salmon dan sarden

Kedua jenis ikan ini bukan hanya memiliki kadar omega-3 yang tinggi, namun juga sebagai sumber kalsium yang baik. Namun begitu, kandungan kalsium salmon dan sarden tidak terdapat banyak pada dagingnya, melainkan pada tulangnya. Oleh sebab itu, carilah ikan salmon dan sarden dalam bentuk kaleng yang memiliki tulang lunak.

  1. Keju dan yogurt

Keju adalah wujud fermentasi dari susu yang diawetkan, sehingga kandungan nutrisi dan mineralnya tidak jauh berbeda. Anda bisa mengkonsumsi beberapa ons keju setiap hari sebagai cara alami mencegah osteoporosis.

Selain keju, yogurt juga bisa Anda gunakan. Bahka dalam banyak penelitian disebutkan bahwa mengkonsumsi secangkir yogurt mampu memenuhi nilai harian tubuh akan kalsium hingga mencapai 30 persen.

  1. Tongkol

Selain sarden dan salmon, ternyata masih ada ikan lainnya yang mengandung banyak kalsium dan vitamin D. Ikan tersebut adalah tongkol atau tuna yang diteliti memiliki 14 mg kalsium dan 80 UI vitamin D dalam satu kaleng.

  1. Sereal

Cobalah untuk mencari produk sereal yang mengandung label nutrisi berupa kalsium dan vitamin D. Dengan cara tersebut Anda akan lebih mudah mencapai kebutuhan akan vitamin dan mineral yang diperlukan bagi tulang. Selain itu, sereal atau oatmeal juga disukai oleh semua usia dan jarang mengakibatkan alergi dibandingkan ikan.

  1. Kacang almond

Cara alami mencegah osteoporosis selanjutnya adalah dengan bantuan kacang almond. Berbeda dengan bahan makanan yang sudah dibahas sebelumnya, kacang almond memiliki kandungan protein yang tinggi. Kandungannya tersebut mampu memenuhi nilai harian tubuh hingga 14 persen, termasuk memenuhi nilai harian tubuh akan kalsium. Jika Anda tidak suka almond, Anda bisa menggantinya dengan kacang pistachio, kemiri, mete ataupun macadamias.

Kesimpulan

Merawat tulang adalah suatu kebutuhan, sehingga cara alami mencegah osteoporosis di atas sudah sepantasnya diusahakan untuk diterapkan. Namun begitu, semua makanan alami tersebut tidak akan berhasil jika pola hidup Anda buruk, seperti jarang berolahraga ataupun salah posisi tidur.

Cara Alami Mencegah Osteoporosis | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply