Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian ?

Ketika hamil, memilah makanan adalah tugas wanita yang cukup berat. Sebagian besar dari mereka takut untuk mencicipi makanan. Namun di sisi lain, ada banyak makanan yang sangat ingin mereka makan. Tidak terkecuali buah durian, yang tentunya sangat populer di Indonesia. Di sini timbul pertanyaan, apakah tidak mengapa bila ibu hamil makan durian. Untuk itu, artikel ini akan membahasnya secara ringkas.

Ibu hamil makan durian

Ibu hamil makan durian

Secara ilmiah, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa ada dampak negatif yang ditimbulkan pada ibu hamil yang mengonsumsi durian. Sejalan dengan itu, tidak ada penelitian bahwa ibu hamil secara khusus harus mengnsumsi buah ini. Jadi, bagi Anda yang ingin mengonsumsi durian, namun sedang hamil, maka tidak mengapa. Namun tentunya ada sebagian wanita yang mungkin alergi terhadap buah-buahan tertentu. Untuk itu, tidak salah bila Anda berkonsultasi pada dokter.

 

Selain itu, hindari mengonsumsinya secara berlebihan. Di sebagian adat masyarakat, semisal di Tiongkok, makan durian dianggap tabu bagi ibu hamil. Sedangkan di Indonesia sendiri memiliki beragam pendapat di dalam masyarakat. Namun sekali lagi, belum ada penelitian yang menjurus ke arah tersebut, entah itu durian dapat menyebabkan darah tinggi, membuat tubuh memanas, ataupun menyebabkan ruam popok pada bayi.

 

Dari sisi kesehatan, buah durian memiliki nutrisi yang melimpah. Di sisi lain, indeks glikemik yang tinggi membuat buah ini hendaknya tidak dikonsumsi secara berlebihan, baik untuk ibu hamil ataupun tidak. Berbeda halnya untuk penderita diabetes yang sebaiknya menjauh dari buah ini, dikarenakan kandungan gulanya yang tinggi.

 

Kandungan baik pada buah durian yang dapat menunjang kesehatan ibu hamil di antaranya adalah mineral, vitamin, serta energi. Dagingnya pun umumnya lembut, sehingga mudah dicerna. Energinya bersumber dari kandungan gula sederhana, yaitu sukrosa dan fruktosa. Tentunya ibu hamil membutuhkan energi yang cukup, agar tidak mudah pusing dan lemas.

 

Kabar baiknya, durian tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Selain itu, durian juga merupakan makanan sumber serat, sebagai pencahar alami, dan cocok untuk mengatasi sembelit. Sedangkan kita tahu, masalah pencernaan merupakan problema umum ibu hamil.

 

Kandungan serat yang ada di dalam buah ini dapat membantu menjaga selaput lendir, sehingga mengurangi risiko terkena paparan racun. Bahkan senyawa durian dapat membantu menghapus bahan kimia dari usus, yang mungkin bisa saja zat-zat kimia tersebut menyebabkan kanker.

 

Ibu hamil makan durian juga akan mendapatkan manfaat berupa vitamin, khususnya vitamin B komples, semisal thiamin, niasin, dan riboflovin. Vitamin-vitamin tersebut dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Selain itu, masih ada banyak lagi kandungan baik yang ada pada buah lezat ini. Sebut saja ada berbagai macam senyawa mineral, seperti zat besi, tembaga, mangan, dan magnesium. Tembaga dan zat besi dapat membantu tubuh memproduksi sel-sel darah merah, yang sangat dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang bayi. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya ibu hamil makan durian, yang terpenting selalu jaga kondisi tetap prima dan hindari porsi berlebih.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian ? | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply