Berbagai Manfaat Kesehatan Bersepeda Secara Rutin

Ada banyak olahraga yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Di antara olahraga yang banyak diminati dan juga menyenangkan adalah bersepeda. Ada berbagai manfaat kesehatan bersepeda secara rutin yang bisa kita rasakan secara langsung. Bahkan dengannya risiko-risiko penyakit berbahaya dapat ditangani. Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasannya di bawah ini.

Berbagai Manfaat Kesehatan Bersepeda Secara Rutin

Berbagai Manfaat Kesehatan Bersepeda Secara Rutin

  1. Berat badan dan obesitas

Bagi Anda yang memiliki tubuh terlalu besar atau terlalu kecil tanpa otot, maka bersepeda adalah olahraga yang sebaiknya Anda coba. Bersepeda dipercaya dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sekaligus meningkatkan otot dan membakar lemak. Kita bisa menyesuaikan seberapa besar beban saat bersepeda untuk menurunkan berat badan. Ini adalah jenis kegiatan olahraga yang sangat tepat digabungkan dengan diet makan yang sehat.

 

  1. Penyakit jantung

Penyakit jantung atau kardiovaskular, semisal stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi dipercaya bisa dikurangi risikonya dengan bersepeda. Teratur bersepeda dapat meningkatkan serta merangsang kerja jantung, sirkulasi, dan paru-paru, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular tersebut.

 

Dengan bersepeda, otot jantung dapat lebih kuat. Sejalan dengan itu juga dapat mengurangi kadar lemak pada darah. Ketika bersepeda, kita juga akan lebih sedikit terpapar polusi kendaraan bermotor, sehingga dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Dalam studi di Denmark juga menyebutkan bahwa bersepeda secara teratur dapat melindungi orang-orang dari penyakit jantung.

 

  1. Kanker

Banyak penelitian modern ini yang menghubungan antara penurunan risiko kanker dengan olahraga, terutama kanker payudara dan usus besar. Dalam beberapa bukti bahkan menunjukan bila bersepeda secara teratur bisa mengurangi risiko kanker payudara.

 

  1. Diabetes

Salah satu penyebab dari diabetes tipe 2 yang marak terjadi adalah karena sedikitnya masyarakat melakukan aktivitas fisik. Oleh sebab itu, hendaknya bila ingin mengurangi risiko diabetes kita melakukan berbagai olahaga, salah satunya adalah bersepeda. Menurut penelitian skala besar di Finlandia, disebutkan bila orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki 40 persen risiko lebih rendah terkena diabetes.

 

  1. Arthritis dan cedera tulang

Berbagai manfaat kesehatan bersepeda secara rutin bisa dirasakan oleh tulang Anda. Saat bersepeda, kita sama saja sedang meningkatkan keseimbangan, kekuatan, serta koordinasi tubuh. Hal tersebut berarti mengurangi risiko jatuh dan patah tulang. Sejalan dengan itu, naik sepeda juga merupakan latihan yang cocok untuk mereka yang memiliki ostroarthritis, dikarenakan sifatnya yang sedikit menyebabkan stres pada sendi.

 

  1. Penyakit mental

Bersepeda juga memiliki khasiat dalam mengurangi beberapa masalah yang berhubungan dengan mental, seperti depresi, stres, dan rasa cemas. Hal tersebut dikarenakan saat bersepeda tubuh bergerak aktif, perasaan pun dalam keadaan baik dan santai.

 

  1. Kualitas Tidur

Berbagai manfaat kesehatan bersepeda secara rutin yang terakhir pada daftar artikel ini adalah kemampuannya dalam meningkatkan kualitas tidur. Penelitian oleh Stanford University Of Medicine menyebutkan bahwa penderita insomnia membaik setelah bersepeda 20-30 menit setiap hari

Berbagai Manfaat Kesehatan Bersepeda Secara Rutin | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply