Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Ramadhan mungkin kesempatan bagi Anda untuk menikmati makanan favorit. Ketika seharian berpuasa, Kita biasanya langsung melahap berbagai macam makanan yang disukai. Namun begitu sebenarnya momen bulan puasa sangat tepat, bukan hanya untuk membersihkan jiwa, namun juga untuk membersihkan raga. Salah satunya adalah untuk mengembalikan berat badan yang sebelumnya berlebih akibat kerakusan menjadi lebih sehat. Berikut adalah beberapa tips menurunkan berat badan saat puasa yang dapat Anda terapkan dengan mudah.

Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

  1. Konsumsi air putih

Meski terlihat mustahil untuk bisa mengonsumsi air secara teratur, namun tetap terhidrasi adalah kunci sukses menurunkan berat badan saat berpuasa. Dengan mengonsumsi air putih, tubuh bukan hanya dapat tercegah dari dehidrasi, namun juga dapat tetap mengontrol gula dalam darah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus mengonsumsi air sebanyak dua liter atau 8 gelas setiap hari.

  1. Dua gelas saat buka puasa
  2. Empat gelas antara buka puasa dan sahur (sebelum puasa). Tidak lebih dari satu gelas per jam.
  3. Dua gelas saat sahur

Perlu diingat bahwa kopi dan teh hitam tidak termasuk cairan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Bahkan seharusnya minuman berkafein dihindari, karena memiliki sifat dieretik.

  1. Jangan melewatkan sahur

Meski Anda ingin berpuasa sembari mendapatkan nikmat berupa kesehatan jasmani, yaitu berat tubuh yang tidak berlebih, melewati sahur adalah pilihan yang sangat salah. Sahur disini bagi muslim adalah sunnah yang ditekankan. Sedangkan dalam masalah kesehatan, makan dan minum saat sahur dapat membuat Anda tidak terlalu lapar pada siang harinya. Sehingga saat berbuka tidak akan melahap makanan secara berlebih, yang mana hanya akan menggagalkan program diet.

Untuk mendapat hasil yang maksimal, hindari terlalu banyak garam saat makan sahur. Anda juga harus mendapat karbohidrat kompleks, misalnya dari nasi atau roti gandum. Jangan lupakan juga sumber protein, seperti telur dan keju.

  1. Tetap aktif

Tips menurunkan berat badan saat puasa selanjutnya adalah tidak bermalas-malasan. Meski berpuasa, hal tersebut tidak boleh menjadi alasan untuk Anda tidur seharian. Di bulan Ramadhan Anda harus menjaga tingkat aktivitas, sehingga lemak dapat terbakar secara konsisten. Anda juga bisa berolahraga 30 menit setelah berbuka, misalnya dengan melakukan gerakan sit-up, burpees, lunges ataupun squat.

  1. Hindari gula buatan

Penyebab diet gagal dan berat badan bertambah saat berpuasa di bulan Ramadhan kebanyakan tidak disebabkan karena makan berlebih, namun lebih kepada konsumsi gula dan permen yang tidak sesuai kebutuhan. Biasanya saat berbuka Kita banyak mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula buatan yang sangat tinggi. Hal tersebut secara tidak langsung membuat berat tubuh semakin meningkat. Untuk itu, tips menurunkan berat badan yang terakhir adalah dengan mengubah gula buatan dengan berbagai jenis makanan yang mengandung gula alami, seperti buah-buahan, kurma dan madu.

Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply

Bantu Like Fanspage Kami ya
Atau Tunggu 10 Detik