Pusing saat Hamil

Saat hamil, wanita biasanya mengalami beberapa keadaan tubuh yang mengganggu kesehatan. Salah satunya adalah pusing yang umumnya disebabkan oleh vertigo. Ketika masalah kesehatan ini menyerang, ibu hamil biasanya akan merasa lemas, sehingga seolah-olah akan jatuh dan pingsan. Meski begitu, keadaan ini umum diderita, namun tentunya Anda harus mengetahui seluk-beluk pusing saat hamil yang baik dan benar, sehingga bisa mengatasinya dengan baik dan cepat.

pusing saat hamil

pusing saat hamil

Penyebab pusing saat hamil

Penyebab pusing saat hamil umumnya dikarenakan tubuh memproduksi darah untuk mengisi sistem peredaran darah dan ini berlangsung pesat. Uniknya, hal ini dikarenakan tubuh bukan saja membutuhkan darah untuk ibu hamil, namun juga janin yang dikandungnya. Tingginya aliran darah tersebut kebanyakan menjurus pada sang bayi, sehingga tekanan darah pada ibu menurun. Bila tekanan darah menurun, maka asupannya pada otak pun berkurang, walhasil kepala seperti berputar atau pusing.

 

Selain itu, pusing pada ibu hamil juga dapat disebabkan karena gula darah yang turun dan dehidrasi. Bisa juga dikarenakan suhu tubuh yang meningkat, dikarenakan udara yang panas atau penggunaan pakaian yang ketat.

 

Hal yang perlu diketahui

Pusing saat hamil merupakan keadaan umum. Namun, bila terus-menerus berlanjut, Anda perlu berkonsultasi pada dokter. Selain itu, keadaan pusing saat hamil hendaknya jangan diabaikan. Maksudnya, Anda harus mengetahui kondisi tubuh Anda sendiri. Hindari bekerja berat, mengemudi, atau melakukan aktivitas berat lainnya.

Hal yang harus Anda lakukan

Ketika mengalai pusing, hendaknya ibu hamil membaringkan tubuhnya di tempat yang nyaman. Ini untuk menghindari Anda jatuh dan terbentuk benda keras. Pada saat berbaring, hendaknya bagian kaki ditinggikan dari badan menggunakan bantal. Gunanya untuk meningkatkan alirah darah ke otak. Selanjutnya Anda bisa duduk, lalu membungkuk semampunya. Lakukan sembari bernapas secara perlahan. Anda juga sebaiknya didampingi oleh anggota keluarga. Mereka bisa membantu Anda dalam berbaring, memberi minum, atau kebutuhan Anda lainnya.

 

Selain itu, hendaknya Anda mengonsumsi makanan-makanan sehat. Usahakan memilih makanan dengan kandungan protein dan karbohidrat kompleks yang cukup, seperti nasi dan roti gandum. Ini berguna untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Anda juga jangan takut mengonsumsi cemilan. Makanan manis dapat membantu menjaga energi tubuh, sehinga Anda tidak akan mudah lemas. Contoh cemilannya beragam, mulai dari gandum, kismis, hingga buah-buahan.

 

Selain makanan, hendaknya ibu hamil juga menjaga asupan cairan. Minum air cukup setiap harinya dapat mengurangi risiko pusing akibat dehidrasi. Setidaknya konsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari. Tambahkan porsinya bila udara atau suhu tubuh Anda memanas.

 

Cara mengatasi pusing saat hamil lainnya adalah dengan menghindari pakaian-pakaian ketat dan terlalu panas. Carilah juga udara segar, yang berarti Anda harus menghindari polusi udara serta hawa panas yang dapat memicu pusing. Bila pusing terus berlanjut maka jangan enggan datang ke dokter. Bisa jadi, pusing disebabkan oleh keadaan yang lebih mengkhawatirkan.

Pusing saat Hamil | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply