Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri

Pernahkah Anda merasakan nyeri pada dada bagian kiri? Umumnya orang-orang ketika merasakan nyeri pada dada menganggap bahwa hal tersebut adalah masalah biasa dan tidak menimbulkan suatu masalah besar. Sebagian lainnya bersikap sebaliknya, yaitu menganggap sakit pada dada merupakan masalah jantung yang luar biasa berbahaya. Untuk itu, pada pembahasan kali ini, Anda diajak untuk mengetahui sekiranya apa saja penyebab sakit dada sebelah kiri yang umum terjadi.

Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri

Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri

  1. Serangan jantung

Serangan jantung atau myocardial infarction merupakan keadaan ketika arteri tersumbat. Biasanya sumbatan tersebut disebabkan oleh plak yang menumpuk, yang memaksa darah tidak bisa tersalurkan dengan baik. Hal tersebut jika terjadi selama waktu tertentu, maka akan menimbulkan rasa sakit di dada bagian kiri, lalu menjalar ke bahu kiri dan leher.

 

  1. Penyakit jantung korener

Jantung koroner atau jantung iskemik adalah keadaan ketika otot jantung mengalami kekurangan pasokan darah, sehingga membuat irama jantung tidak teratur, serangan jantung, hingga gagal jantung. Penyakit ini bisa dibilang adalah pembunuh nomer satu di dunia dan salah satu gejalanya adalah nyeri pada bagian dada kiri.

 

  1. Kejang jantung

Keadaan ini yang paling umum menjadi penyebab sakit dada sebelah kiri yang dialami oleh orang dewasa setengah baya. Kejang jantung sendiri adalah keadaan ketika terjadinya tekanan, sesak, maupun penyempitan pada daerah dada sebelah kiri. Selain iu, kejang jantung juga diikuti dengan rasa sakit pada bagian rahang bawah, lengan, punggung, dan bahu.

 

  1. Penyakit saluran pernapasan

Penyebab lainnya yang mungkin terjadi adalah karena adanya penyakit saluran pernapasan, seperti abses paru, asma, bronkitis, kanker, radang paru-paru, dan TBC. Baik penyakit ringan maupun akut dapat menjadi penyebab sakit dada sebelah kiri dan biasanya diiringi pula oleh gejala lainnya, seperti sesak napas, dahak, batuk, dan demam.

 

  1. Penumpukan asam, gas, dan mulas

Tiga hal ini bisa menjadi penyebab munculnya rasa nyeri pada dada sebelah kiri, dikarenakan perkembangannya dari usus dapat mencapai daerah dada dan membuat dinding tertekan. Biasanya hal ini diiringi pula oleh kembung dan memiliki kemiripan dengan serangan jantung.

 

  1. Radang selaput dada

Radang selaput dada atau pleuritis merupakan keadaan ketika lapisan paru-paru mengalami peradangan. Hal ini dapat menyebabkan pasien mengalami nyeri akut pada bagian dada sebelah kiri manakala sedang bernapas, batuk, ataupun bersin.

 

  1. Kostokondritis

Kostokondritis adalah penyakit radang sendi rulang rusuk yang terhubung ke sternum. Biasanya disebabkan oleh trauma pada dada atau infeksi virus dan salah satu gejalanya adalah nyeri dada sebelah kiri. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan fisioterapi serta konsumsi obat anti-inflamasi.

 

  1. Gaya hidup

Penyebab sakit dada sebelah kiri yang terakhir adalah karena gaya hidup yang buruk. Stres, obesitas, dan diabetes bisa menjadi penyebab utama seseorang mengalami rasa nyeri di dada kiri. Oleh sebab itu, berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan pengetahuan mengenai penyakit yang Anda idap serta penanganan yang tepat sangatlah dianjurkan.

===============================================================================

Referensi:

http://www.enkivillage.com/left-side-chest-pain.html

http://www.md-health.com/Chest-Pain-Left-Side.html

Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply