Penyebab Sakit Dada Sebelah Kanan

Banyak orang mengeluhkan sakit dada terutama di bagian kanan. Sakit yang diderita biasanya ditandai dengan rasa nyeri di dada yang akan bertambah jika digunakan untuk bergerak. Ada banyak penyebab mengapa Anda mengalami sakit dada sebelah kanan. Salah satunya yaitu kesehatan organ vital jantung / paru-paru Anda sedang terganggu. Secara rinci, berikut akan disampaikan mengenai apa saja penyebab rasa sakit / nyeri pada dada sebelah kanan.

 

Sakit Dada Sebelah Kanan

Sakit Dada Sebelah Kanan

Penyebab Mengalami Sakit Dada Sebelah Kanan

  1. Adannya gangguan paru-paru

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa salah satu penyebab sakit dada sebelah kanan yaitu karena adanya masalah pada paru-paru. Kemungkinan penyakit yang menyerang paru-paru di antaranya yaitu radang selaput paru, infeksi jaringan paru, dan penyumbatan pembuluh darah. Selain itu kondisi trauma luar juga akan menyebabkan paru-paru menjadi kempis (pneumothorax)  sehingga mengakibatkan pernafasan menjadi terganggu.

 

  1. Pencernaan terganggu

Masalah sakit dada sebenarnya tidak hanya berhubungan dengan organ pernafasan, melainkan juga pencernaan. Seperti halnya refluks asam yang mana akan mengakibatkan rasa perih dan nyeri pada bagian dada sebelah kanan. Hal tersebut bisa terjadi karena organ jantung dan kerongkongan berbagi jaringan syaraf yang sama.

 

  1. Hepatitis

Hepatitis atau bisa disebut sebagai penyakit radang hati juga merupakan salah satu pemicu mengapa bagian dada sebelah kanan terasa nyeri. Hal ini dikarenakan letak hati berada pada tubuh bagian kanan dan sangat dekat dengan rongga dada.

 

  1. Olahraga

Jika Anda sering melakukan olahraga yang membutuhkan kekuatan otot dada, maka bisa jadi hal itulah yang menyebabkan rasa sakit dada sebelah kanan. Jika memang demikian, pada umumnya rasa nyeri akan semakin terasa ketika Anda mencoba untuk melakukan kegiatan yang melibatkan otot dada sebelah kanan. Maka dari itu ada baiknya Anda mengurangi terlebih dahulu segala aktivitas yang dapat memperburuk keadaan otot.

 

  1. Cedera tulang

Hal lain yang mungkin menjadi penyebab yaitu Anda mengalami cedera pada tulang dada. Patahnya tulang iga bagian kanan, akan mengakibatkan timbulnya rasa nyeri pada bagian dada sebelah kanan pula.

Baca juga Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri

Rasa sakit yang timbul dari dalam tubuh memang susah untuk didiagnosa sendiri. Anda harus berkonsultasi pada dokter spesialis untuk mendapatkan diagnosa penyakit sehingga mendapatkan pengobatan yang tepat. Jangan sekali-kali melakukan diagnosa dan pengobatan secara mandiri jika Anda tidak memiliki latar belakang di bidang kesehatan, karena berhubungan dengan penyakit dalam. Solusi terbaiknya yaitu segeralah pergi ke dokter jika Anda mengalami nyeri / sakit dada sebelah kanan yang tak kunjung membaik. Hal ini dikhawatirkan rasa sakit dada yang Anda alami disebabkan oleh penyakit serius yang mana harus diobati secara intensif dan secepat mungkin.

Penyebab Sakit Dada Sebelah Kanan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply