Penyebab Rambut Rontok pada Wanita

Rambut rontok adalah salah satu dampak dari banyaknya program hidup yang dialami oleh seorang wanita. Kebanyakan dari Kita tentu tahu bahwa wanita lebih fokus mengenai masalah kesehatan dan kecantikan tubuhnya dibandingkan pria. Secara bersamaan, wanita pulalah yang paling banyak mengalami masalah kesehatan yang berbuhungan dengan kecantikan, termasuk masalah rambut rontok. Oleh sebab itu, untuk mengatasi hal tersebut, Kita harus tahu dahulu apa penyebab rambut rontok pada wanita. Anda bisa mengetahuinya dalam pembahasan di bawah ini.

Penyebab Rambut Rontok pada Wanita

Penyebab Rambut Rontok pada Wanita

1. Perlakuan dan kebiasaan yang salah
Menggunakan alat penata rambut yang berlebihan, seperti strengtheners atau curling iron dapat merusak batang rambut. Selain itu, penggunaan berkepanjangan beberapa produk penata rambut, seperti mousse, gel, pewarna rambut dan semprotan juga bisa berakibat pada penghambatan pertumbuhan.

Selain alat dan produk penata rambut yang dijelaskan di atas, mengikat rambut dengan berbagai gaya yang salah, seperti ekor kuda atau menyisir rambut yang salah juga dapat memperburuk dampak kerontokan.

2. Anemia
Anemia dapat terjadi akibat kurangnya zat besi. Banyak wanita yang mengalami anemia akibat menstruasi. Selain itu, anemia juga bisa terjadi akibat kurangnya asam folat di dalam tubuh. Hal tersebut menyebabkan tubuh kurang memproduksi hemoglobin yang secara langsung juga mengurangi oksigen masuk ke bagian-bagan organ tubuh. Jika oksigen tidak dapat masuk ke dalam folikel rambut, maka yang terjadi adalah berubahnya kualitas rambut menjadi mudah patah dan cenderung lemah.

3. Menopause
Menopause bisa menjadi penyebab rambut rontok pada wanita. Hal tersebut dikarenakan dampak dari menopause yang bisa mengurangi kadar hormon esterogen dalam tubuh. Dengan kadar yang rendah, rambut akan lebih cepat rontok dan munculah berbagai masalah rambut lainnya.

4. Kurang asupan protein
Perlu diketahui bahwa rambut manusia terbuat dari protein yang bernama keratin. Ketika Kita kekurangan asupan protein, maka sama saja Kita tidak memberi tenaga pada rambut. Walhasil rambut akan bersifat rapuh dan mudah rontok. Selain itu, kekurangan beberapa nutrisi lain selain protein juga dapat menyebabkan dampak yang sama.

Dari penjelasan tersebut bisa Kita tahu bahwa mengkonsumsi nutrisi adalah hal yang wajib. Bahkan, dalam beberapa keadaan, seperti diet berlebih juga bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi. Hal tersebut juga berdampak pada rambut dan organ-organ lainnya.

4. Penyakit
Ada beberapa penyakit yang dampaknya bisa membuat rambut cepat rontok. Sebut saja penyakit tiroid yang berhubungan dengan ekskresi hormon triodothyronine dan tiroksin serta penyakit-penyakit autoimun yang membuat antibodi perusak sel-sel diri sendiri, termasuk sel-sel rambut.

Selain dua penyakit tersebut, masih ada masalah-masalah kesehatan lain yang dapat menjadi penyebab rambut rontok pada wanita, namun sifatnya akut dan kronis, seperti diabetes yang mempengaruhi sirkulasi darah pada kulit kepala dan folikel rambut serta psoriasis yang merupakan penyakit kulit yang dampaknya juga pada kulit kepala dan folikel rambut.

Penyebab Rambut Rontok pada Wanita | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply