Pengertian, Jenis Dan Sejarah Senam Lantai

Berdasarkan pengertiannya senam adalah cabang olahraga yang melibatkan gerakan yang membutuhkan kecepatan, keserasian, dan kekuatan gerakan fisik yang teratur. Olahraga senam ini juga dibedakan menjadi beberapa cabang yaitu salah satunya adalah senam lantai. Berdasarkan pengertian senam lantai adalah bentuk latihan fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu.

senam lantai

senam lantai

Cabang-Cabang Senam Lantai

Senam lantai dapat dibedakan menjadi dua, yaitu senam lantai menggunakan alat dan senam lantai tanpa menggunakan alat. Cabang senam lantai yang pertama adalah senam lantai menggunakan alat. Dimana definisinya adalah rangkaian gerak senam dari beberapa elemen atau unsur gerak lantai yang digabung menjadi suatu rangkaian gerak yang tidak terputus. Contoh senam lantai menggunakan alat dibedakan untuk putra diantaranya lantai, kuda pelana, gelang-gelang, kuda lompat, palang sejajar, dan palang tunggal. Sedangkan senam lantai menggunakan alat untuk putri adalah kuda lompat, palang bertingkat, balok keseimbangan dan lantai.

Senam lantai tanpa alat adalah senam sebagai salah satu bagian dari senam artistik yang dilakukan dilantai dengan menggunakan alas matras tanpa menggunakan alat bantu lain. Yang termasuk senam lantai tanpa alat ini adalah forward roll/ guling depan, back roll/ guling belakang, posisi lilin, dan juga radslag/gerakan meroda. Walaupun terbilang sebagai senam tanpa alat, senam jenis ini juga membutuhkan alat bantu berupa matras yang digunakan untuk melindungi tubuh saat melakukan gerakan senam lantai. Matras yang digunakan berukuran 12 x 12 m persegi dengan tambahan 1 m disetiap sisinya sebagai pengaman.

Sejarah Senam Lantai

Berdasarkan pengertiannya senam ini berasal dari kata Yunani yang artinya sebagai berbagai macam gerakan yang dilakukan oleh para atlet. Senam ini awalnya dilakukan pada abad zaman Yunani kuno dengan tujuan untuk menjaga kesehatan dan menjadikan tubuh menjadi segar dan bugar, pada saat itu cabang olahraga senam ini memang belum dimasukkan ke dalam perlombaan. Namun saat abad 19, senam telah menjadi pertandingan senam. Dimana telah dijadikan salah satu pertandingan di olympic games

Sedangkan di Indonesia sendiri sejarah senam lantai dimulai ketika penjajahan jepang. Olahraga senam ini masuk bersamaan dan dibawa oleh penjajah jepang ke wilayah indonesia. Tepatnya pada masa tentara PETA, anggota tentara PETA diperkenalkan senam dengan sebutan senam Talso oleh tentara Jepang. Sejak saat itu senam mulai dikenal oleh bangsa indonesia. Hingga pada tahun 1963 senam dijadikan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam kejuaraan peserta olahraga internasional GANEFO (games the new amarging force). Nah itulah ulasan singkat mengenai pengertian senam lantai, jenis senam lantai, dan sejarah singkat mengenai senam lantai. Semoga bermanfaat.

Deskripsi: Senam lantai merupakan salah satu cabang olahraga yang mengutamakan gerakan tubuh yang menggunakan keserasian, kekuatan, kelincahan tubuh dengan rangkaian gerakan tertentu.


Pengertian, Jenis Dan Sejarah Senam Lantai | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply