Obat Tradisional dan Pantangan Untuk Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat terjadi apabila asam urat memiliki kadar yang tinggi. Umumnya disebabkan oleh peningkatan produksi asam urat itu sendiri atau karena adanya penurunan ekskresi melalui ginjal. Selain itu, faktor yang medukungnya pun bermacam-macam, seperti karena diuretik, olahraga, kesalahan diet, genetika, diabetes, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan penanganan secara medis. Anda juga bisa mendukung proses penyembuhan dengan menggunakan salah satu dari beberapa obat tradisional asam urat berikut ini.

Obat Tradisional Asam Urat

Obat Tradisional Asam Urat

  1. Jus lemon

Meski lemon memiliki sifat asam, namun penggunaan jus lemon sebagai obat asam urat cukup ampuh. Mengapa? Karena lemon dapat menghasilkan efek alkali, sehingga asam urat dapat dinetralisir. Selain itu, lemon juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat.

Anda bisa mengonsumsi jus lemon sebagai obat asam urat pada pagi hari, sebelum makan. Lakukan cara ini hingga beberapa minggu. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C. Namun tentu dengan dosis dari dokter.

 

  1. Ceri

Buah ceri juga dapat Anda jadikan obat tradisional asam urat yang ampuh. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa kimia yang terkandung di dalam buah tersebut yang dapat mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh. Selain itu, warna yang hadir pada buah ceri sebenarnya mengandung flavonoid, yang para ahli menyebutnya dengan nama anthocyanin. Senyawa inilah yang dipercaya dapat membantu mengurangi kadar asam urat, sekaligus mengurangi terjadinya peradangan dan kekakuan.

Anda bisa coba mengonsumsi 1 1/2 cangkir buah ceri setiap hari selama beberapa minggu saja. Anda bisa memakannya secara langsung atau menjadikannya jus. Selain ceri, Anda juga bisa mengombinasikannya dengan buah lain, seperti blueberry, tomat, stroberi, dan paprika.

 

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin E dan anti oksidan yang tinggi, sehingga memiliki sifat anti-inflamasi yang dibutuhkan oleh penderita asam urat. Lebih dari itu, minyak zaitun merupakan obat sekaligus bahan pengganti dari minyak-minyak lain, seperti minyak sayur dan mentega yang dipercaya memiliki dampak kurang baik terhadap pengendalian asam urat.

 

  1. Air

Tidak dapat dipungkiri, air merupakan obat tradisional yang ampuh dalam kasus ini. Mengapa? Karena air memiliki dampak yang baik dalam mengoptimalkan urat penyaring asam. Selain itu, air juga dapat membantu mencairkan asam urat dan merangsang ginjal untuk menghapus asam urat yang berlebih melalui urin. Bahkan hal ini sudah diteliti oleh peneliti di American College of Rheumatology pada tahun 2009. Oleh sebab itu, konsumsi 8-10 gelas air sepanjang hari sangat dianjurkan.

 

  1. Apel

Apel juga merupakan buah yang dapat Anda jadikan obat tradisional asam urat. Hal ini dikarenakan kandungannya yang kaya akan serat. Sedangkan serat sediri dapat membantu menurunkan kadar asam urat dengan cara diserap dan dibuang dari tubuh. Selain apel, Anda juga bisa mengolah biji-bijian, pir, jeruk, ataupun stroberi untuk jadikan sebagai obat asam urat.

Adapun Makanan – Makanan yang menjadi pantangan asam urat adalah :

  1. Daging – dagingan , seperti daging kambing dan daging unggas karena kedua daging tersebut mempunyi kadungan purin dalam kategori sedang.
  2. Jeroan, untuk anda yang sedang mempunyai penyakit asam urat sebaiknya hindari makanan dengan olahan dari jeroan , karena jeroan mengandung purin dalam kategori tinggi.
  3. Makanan laut, anda suka dengan masakan seafood alahkah baiknya anda untuk mengurangi kebiasaan makan makan seafood karena seafood mempunyai kandungan purin dalam kategori tinggi.
  4. Kacang – kacangan, meski sayuran ternyata kacang – kacangan tidak baik dikomsumsi untuk anda penderita asam urat.
Obat Tradisional dan Pantangan Untuk Penyakit Asam Urat | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply