Obat Tradisional Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux merupakan penyakit yang disebabkan oleh bergeraknya asam lambung ke arah kerongkongan, sehingga menimbulkan rasa nyeri pada bagian perut hingga ke dada, mual, batuk kering, serta bertambah parah umumnya ketika berbaring atau membungkuk. Sedangkan penyebabnya sendiri bermacam-macam, seperti obesitas, merokok, kehamilan, genetika, dan lain sebagainya. Anda yang mengalami hal ini bisa coba menerapkan beberapa obat tradisional asam lambung di bawah ini.

image by kidnesia.com

image by kidnesia.com

  1. Cuka sari apel

Salah satu obat tradisional yang paling efektif untuk mengobati asam lambung adalah cuka sari apel. Bahan yang banyak ditemukan di dapur ini memiliki kemampuan unuk membantu menyeimbangkan produksi asam pada perut.

Untuk cara penggunaannya, Anda bisa mencampurkan 1-2 sdt cuka sari apel dengan secangkir air hangat. Setelah itu, konsumsi 20-30 menit sebelum makan. Lakukan cara ini selama beberapa bulan.

  1. Baking soda

Di antara gejala yang umum terjadi saat terserang asam lambung adalah mulas dan baking soda atau natrium bikarbonat merupakan salah satu obat alami yang cocok untuk mengatasinya, dikarenakan kandungan anasid yang kuat.

Anda bisa coba mencampurkan 1 sdt baking soda dengan segelas air. Setelah itu, konsumsi untuk menyembuhkan mulas dengan cepat. Namun ingat, obat ini tidak boleh dikonsumsi terus-menerus, karena ada beberapa dampak negatif yang dapat menyertainya.

 

  1. Lidah buaya

Obat tradisional asam lambung selanjutnya adalah jus lidah buaya. Seperti yang diketahui bersama, lidah buaya mengandung senyawa yang bersifat anti-inflamasi. Itu berarti tanaman ini cocok untuk menenangkan peradangan pada lambung dan kerongkongan yang disebabkan oleh asam lambung.

Anda bisa coba membuat lidah buaya menjadi jus. Setelah itu konsumsi 1/4 gelas jus lidah buaya tersebut 20 menit sebelum makan. Namun ingat untuk jangan berlebihan, karena dapat menimbulkan efek pencahar.

  1. Akar manis

Akar manis memiliki sifat-sifat penyembuh berkenaan dengan masalah asam lambung. Khususnya sebagai penenang selaput lendir, sekaligus melindungi lapisan usus. Selain itu, akar manis juga dapat mengurangi kejang dan peradangan pada lambung.

Untuk penggunaannya, Anda bisa mencampurkan 1 1/2 sdt bubuk akar manis dengan segelas air. Setelah itu, saring dan minum 15-20 menit sebelum makan. Anda bisa menerapkannya sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

  1. Adas

Obat tradisional asam lambung yang terakhir adalah adas, terutama bijinya. Adas baik untuk pencernaan, termasuk untuk menekan kejang pada perut akibat asam lambung yang naik. Hal ini dikarenakan senyawa anethole pada adas yang berperan positif bagi saluran pencernaan, sekaligus juga memiliki efek anti-inflamasi.

Anda bisa coba mengunyah secara langsung 1 1/2 sdt biji adas setelah makan. Anda juga bisa merebusnya terlebih dahulu, sekitar 1 sdt biji adas dengan secangkir air. Jika sudah tidak terlalu panas, saring, lalu konsumsi. Anda bisa menerapkan cara ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

Obat Tradisional Asam Lambung | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply