Obat Panas Anak Tradisional Alami

Orang tua pasti akan panik jika mendapati buah hatinya tiba-tiba panas dan demam tinggi apalagi. Demam tinggi pada usia anak-anak dan balita harus mendapat penanganan yang tepay dan cepat karena bisa berakibat pada tumbuh kembangnya. Nenek moyang bangsa Indonesia telah menggunakan herbal sebagai obat panas anak tradisional. Jangan langsung buru-buru memberikan obat kimia yang akan memiliki efek samping jangka panjang. Dahulukan penanganan dengan obat alami. Nah, di bawah ini ada beberapa herbal beserta cara penggunaannya sebagai obat penurun panas.

Obat Panas Anak Tradisional Alami

Obat Panas Anak Tradisional Alami

Lima Obat Panas Anak Tradisional

 

  1. Kunyit

Kunyit yang dikenal sebagai bumbu dapur juga memiliki manfaat sebagai obat panas anak tradisional. Di dalam kunyit terdapat minyak atsiri, kurkumin, zingiberen, dan turmeron. Zat-zat ini bermanfaat sebagai antioksidan, antiinflamasi, dan penurun panas alami. Cara pegolohannya adalah ambil kunyit berukuran satu ruas jari. Parut kunyit tersebut kemudian campurkan dengan air panas. Tunggu beberapa saat sampai dingin kemudian saring untuk memisahkan dengan ampasnya. Anda dapat menambahkan jeruk nipis atau madu agar rasanya lebih nikmat.

 

  1. Bawang Merah

Bumbu dapur yang satu ini selain dikenal sebagai penyedap makanan juga dapat digunakan sebagai obat panas anak tradisional. Kandungan minyak atsiri, metilaliin, sikloaliin, dan floroglusin sangat baik untuk menurunkan panas baik pada orang dewasa mau pun anak-anak. Untuk memanfaatkan bawang merah sebagai obat penurun panas, parut bawang merah atau iris tipis-tipis. Jika ada campurkan dengan minyak kelapa. Kemudian oleskan ke seluruh tubuh anak.

 

  1. Temulawak

Temulawak merupakan rempah-rempah yang dapat Anda temui dengan mudah. Temulawak mengandung germacrene, xanthorrizol, dan curcumena yang berfungsi sebagai antibiotik, antioksidan, dan anti-inflamasi. Zat-zat ini membuat temulawak dimanfaatkan sebagai obat penurun panas. Cara penggunaannya tidak sulit. Cukup ambil 1 ruas temulawak yang berukuran satu ruas jari. Parut dan campurkan dengan segelas air panas. Saring ampasnya dan tambahkan madu atau perasan jeruk nipis untuk hasil maksimal.

 

  1. Daun sambiloto

Siapkan segenggam daun sambiloto dan segelas air panas. Cuci daun sambiloto hingga bersih kemudian tumbuk halus. Seduh dengan segelas air panas. Aduk dan saring agar terpisah dari ampasnya. Ramuan tradisional dari daun sambilito siap diminumkan ke si kecil.

 

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai obat turun panas anak. Membuat racikan jeruk nipis sangatlah mudah. Peras satu buah jeruk nipis tambahkan setengah gelas air panas. Aduk dan tambahkan madu agar rasanya manis.

 

Masih banyak lagi bahan-bahan alami di sekitar kita yang dapat diracik menjadi obat. Pengobatan menggunakan obat kimia memang memberikan hasil yang cepat tetapi memiliki efek samping jangka panjang jika dikonsumsi terus menerus. Oleh karena itu. Sebaiknya manfaatkanlah bahan alami terlebih dahulu sebagai obat panas anak tradisional.

 

Obat Panas Anak Tradisional Alami | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply