Obat Demam Anak Tradisional

Anak yang aktif beraktivitas dan bermain sangat rentan terhadap kuman dan infeksi virus-virus penyakit. Ketika anak terinfeksi kuman atau virus penyakit, maka demam akan menjadi gejala awal penyakit tersebut. Agar demam tidak berlanjut ke penyakit yang sesungguhnya, maka ibu harus segera menyediakan obat demam anak. Ketika anak demam dan tidak ada obat penurun panas di rumah, ibu tidak perlu khawatir sebab bumbu dapur ternyata dapat dijadikan obat tradisional penurun demam anak.

 

Obat Demam Anak Tradisional

Obat Demam Anak Tradisional

3 Bumbu Dapur Untuk Mengobati Demam Anak

Demam memang bukanlah suatu penyakit melainkan gejala awal dari satu penyakit, yang mana demam adalah suatu tanda bahwa tubuh terinfeksi kuman atau virus penyakit. Dari generasi ke generasi, obat-obatan tradisional sudah digunakan dan dipercaya mampu menurunkan demam terutama untuk anak. Bumbu dapur adalah salah satu bahan alami yang tentunya sangat berguna untuk meredakan demam anak.

  1. Kunyit
    Kandungan senyawa curcumin, zingiberen, tumeron dalam kunyit berguna sebagai obat demam anak. Mengonsumsi kunyit pun juga bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh anak untuk aktivitas sehari-hari. Cara meramunya adalah pertama dengan memarut kira-kira dua rimpang kunyit, lalu tambahkan setengah gelas air dan peras sarinya. Lalu tambahkan perasan jeruk nipis dan madu. Berikan ramuan ini tiga kali sehari pada anak yang demam, maka demam pun akan reda.

 

  1. Bawang merah

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, bawang merah ternyata dapat digunakan sebagai obat demam anak karena  senyawa-senyawa yang terkandung dalam bawang merah dapat menurunkan demam seperti minyak atsiri, sikloalin, kamferol, matilalin, kuersetin dan floroglusin. Cara meramunya adalah dengan memarut 5 siung bawang merah yang sudah dikupas lalu tambahkan baby oil  atau minyak kelapa sebanyak 1 sendok makan. Balurkan ramuan ini ke seluruh tubuh anak yang demam.

 

  1. Meniran
    Kandungan senyawa flavonoid, tannin, lignan, vitamin C dan lainnya pada daun meniran sangatlah bermanfaat sebagai obat demam. Selain itu daun meniran juga snagat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Cara meramunya adalah dengan merebus kira-kira satu genggam daun meniran yang baru saja dipetik dengan air sebanyak dua hingga tiga gelas hingga mendidih. Lalu tunggu sekitar 15 menit dengan api kecil. Biarkan ramuan itu dingin dan  bagi ramuan ini menjadi tiga, lalu berikan pada anak yang demam pada pagi, siang dan sore hari. baca juga Obat Panas Anak Tradisional

 

Meramu bahan-bahan alami secara tradisional untuk membuat obat demam anak akan lebih baik daripada menggunakan obat-obatan yang mengandung zat kimia. Tubuh anak sangatlah rentan terhadap bahan-bahan kimia sehingga jika memungkinkan, orang tua dapat meramu sendiri obat untuk anak menggunakan bahan-bahan alami yang berada di dapur karena bahan-bahan alamilah yang aman bagi tubuh anak.

 

Obat Demam Anak Tradisional | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply