Nutrisi untuk Kesehatan Mata

Seperti yang kita tahu bersama, mata adalah jendela manusia untuk melihat dunia. Fungsi mata yang besar membuatnya sangat penting untuk dijaga dan dihindari oleh segala yang yang dapat membahayakan. Termasuk di antaranya adalah penyakit-penyakit yang mungkin menyerang. Untuk itu, pada artikel kali ini, Anda diajak untuk mengetahui kira-kira apa saja nutrisi untuk kesehatan mata yang penting untuk dikonsumsi.

Nutrisi untuk kesehatan mata

Nutrisi untuk kesehatan mata

  1. Beta-karoten

Beta-karoten dipercaya bisa membantu mengurangi perkembangan degenerasi makula yang sangat membahayakan mata. Umumnya beta-karoten efektif ketika dikombinasikan dengan zinc, vitamin C, dan vitamin E. Sedangkan makanan yang kaya akan beta-karoten di antaranya adalah ubi jalar, wortel, dan bayam.

 

  1. Bioflavonoid

Bioflavanoid dipercaya bisa melindungi mata dari serangan katarak dan degenerasi makula. Nutrisi ini bisa Anda dapatkan pada teh, jeruk, anggur merah, blueberry, kacang-kacangan, ceri, dan produk kedelai.

 

  1. Lutein dan zeaxanthin

Sama seperti bioflavonoid, lutein dan zeaxanthin dapat membantu menjaga kesehatan mata, terutama mencegah degenerasi makula dan katarak. Bayam, lobak hijau, dan labu ada beberapa makanan yang kaya akan kedua nutrisi ini.

 

  1. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan pada makanan laut ini, semisal salmon dan mackerel, serta pada bahan makanan lainnya, seperti kenari, suplemen minyak ikan, dan biji rami dipercaya dapat mencegah degenerasi makula dan mata kering.

 

  1. Selenium

Manakala dikombinasikan dengan vitamin E, dan C, serta karotenoid, selenium dapat mencegah degenerasi makula. Selenium sendiri bisa Anda dapatkan dari makanan laut (seperti kepiting, udang, halibut, dan salmon), beras merah, serta kacang brasil.

 

  1. Vitamin A

Vitamin A bisa membantu melindungi mata dari serangan mata kering dan juga kebutaan atau rabun malam. Viamin A ada di banyak jenis makanan, terutama hati ayam, daging sapi, mentega, telur, dan susu.

 

  1. Vitamin C

Nutrisi untuk kesehatan mata selanjutnya adalah vitamin C. Di sini vitamin C dipercaya bisa mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula. Makanan yang menjadi sumber vitamin ini di antaranya adalah jeruk, stroberi, paprika manis, brokoli, dan melon.

 

  1. Vitamin D

Vitamin D terkenal dapat mengurangi risiko degenerasi makula. Anda bisa menemukannya pada susu, sarden, salmon, dan jeruk. Vitamin D juga bisa didapat dari paparan sinar matahari. Nantinya radiasi ultraviolet dari matahari bisa merangsang produksi vitamin D di kulit manusia. Oleh sebab itu, dianjurkan beberapa menit setiap harinya terkena paparan sinar matahari.

 

  1. Vitamin E

Bila dikombinasikan dengan vitamin C dan karotenoid, vitamin E dapat menjadi salah satu nutrisi untuk mengurangi risiko degenerasi makula. Sumber makanan yang kaya akan vitamin E di antaranya adalah biji bunga matahari, hazelnut, dan almond.

 

  1. Zinc

Nutrisi untuk kesehatan mata yang terakhir adalah zinc atau seng. Nantinya zinc akan membantu vitamin A dalam mengurangi risiko kebutaan malam dan ada kemungkinan juga dapat mengurangi risiko degenerasi makula. Untuk sumbernya sendiri di antaranya adalah daging turki, tiram, dan daging sapi.

Nutrisi untuk Kesehatan Mata | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply