Menu Diet Mediterania yang Tidak Bikin Eneg

Banyak orang menginginkan berat badan ideal namun masih melakukan gaya hidup dan pola makan yang kurang sehat. Pada akhirnya, banyak yang terjerumus dalam diet ketat dengan membatasi asupan makanan ke dalam tubuh sampai lebih memilih untuk tidak makan sama sekali. Padahal hal tersebut dapat diatasi dengan cara diet mediterania. Jenis diet ini merupakan adaptasi dari kebiasaan orang-orang yang tinggal di wilayah Mediterania, yaitu daerah seperti Yunani, Italia, dan Spanyol. Hal ini dikarenakan banyak ahli yang menyatakan bahwa orang-orang di wilayah Mediterania memiliki angka harapan hidup yang tinggi karena mereka juga memiliki tubuh yang sehat. Karenanya pola hidup mulai dari konsumsi makanan sampai aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang Mediterania menjadi acuan dalam menjalankan diet tersebut.

 

Makanan Sehat untuk Diet Mediterania

Inti dari program diet mediterania ini adalah dengan mengonsumsi makanan segar dengan teknik memasak hanya dipanggang, dikukus, ataupun dibakar. Untuk minuman, orang-orang Mediterania hanya mengonsumsi air putih dan tidak mengonsumsi minuman yang memiliki warna dan perasa makanan seperti minuman bersoda. Sedangkan untuk menu makanan, Anda dapat mencoba beberapa makanan dibawah ini untuk menyempurnakan program diet Anda.

diet mediterania

diet mediterania

  1. Buah Segar

Buah merupakan salah satu menu yang wajib dikonsumsi setiap hari. Ini dikarenakan buah memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga dapat membantu Anda untuk mendapatkan berat badan ideal yang Anda inginkan. Namun demikian, Anda juga perlu memperhatikan porsi yang tepat saat mengonsumsi buah segar ini, terlebih untuk buah anggur merah. Buah lain yang dapat Anda konsumsi adalah apel, stroberi, dan buah pir. Dalam sehari, Anda dapat mengonsumsi sampai 3 porsi buah segar atau dengan membuat jus buah yang dicampur dengan sedikit sayuran.

 

  1. Minyak Zaitun

Penggunaan minyak goreng sangat tidak dianjurkan jika Anda sedang menjalankan program diet mediterania. Karena program diet ini berfokus pada pergantian makanan yang tidak sehat menjadi makanan sehat, termasuk makanan yang mengandung lemak jahat harus digantikan dengan makanan dengan lemak baik. Maka dari itu, minyak zaitun adalah bahan terbaik untuk menggantikan minyak goreng atau mentega. Hal ini juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

 

  1. Daging Segar

Pada program diet ini, Anda tetap boleh mengonsumsi daging-dagingan, terlebih daging ikan. Dengan mengonsumsi ikan atau seafood minimal 2 kali dalam seminggu, dapat membantu asupan protein yang seimbang dan menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Selain itu Anda juga dapat mengonsumsi daging ayam atau daging merah dengan porsi yang pas misalnya beberapa kali dalam sebulan.

Baca juga cara diet hipnoterapi

Program diet mediterania akan lebih sempurna jika Anda menyeimbangkan dengan olahraga ringan namun rutin dan teratur. Sehingga selain mendapatkan berat dan bentuk tubuh ideal, Anda juga akan mendapatkan jantung yang sehat.

Menu Diet Mediterania yang Tidak Bikin Eneg | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply