Mengenal Apa Itu Tes Buta Warna???

Tentu anda pernah melakukan tes buta warna. Dimana tes ini dilakukan untuk keperluan tertentu. Salah satunya adalah ketika melakukan tes kesehatan yang digunakan untuk pembuatan sim, proses penerimaan siswa/ mahasiswa yang berkaitan dengan bidang sains, ataupun penerimaan pegawai dan masih banyak lagi. Tes ini dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang mengalami penyakit buta warna atau tidak. Dimana penyakit buta warna ini disebabkan oleh adanya kerusakan ataupun kelainan yang terjadi pada sel kerucut pada retina mata. Akibat dari hal tersebut menjadikan mata tidak mampu menangkap spektrum warna tertentu dari cahaya yang dipantulkan. Selain itu, pada beberapa kasus yang ditemukan, buta warna ini juga diakibatkan oleh faktor keturunan atau bawaan lahir. Disisi lain seseorang yang menderita buta warna diakibatkan faktor usia, ataupun kecelakaan.

tes buta warna

tes buta warna by vonvon

Efek memiliki penyakit buta warna

Penyakit ini memang tidak dirasakan seperti halnya penyakit pada umumnya. Namun pada kondisi tertentu penyakit buta warna ini tentunya cukup merugikan ataupun membahayakan. Tentunya bagi yang memiliki penyakit buta warna ini akan kesulitan mendapatkan sim ataupun tidak bisa mendaftar jurusan sains. Tidak hanya itu untuk mendaftar sebagai anggota polri ataupun TNI. Pasalnya pada proses penerimaan biasanya dilakukan tes buta warna. Penyakit buta warna ini ditandai dengan kondisi tertentu penderita akan kesulitan membedakan warna tertentu. Pada kasus tertentu seseorang tidak bisa membedakan hanya beberapa warna tertentu saja. Misalnya tidak bisa membedakan warna hijau, biru merah dan campurannya sehingga disebut buta warna parsial.

Bentuk tes buta warna saat ini memang bisa dilakukan tanpa mengunjungi dokter. Pasalnya saat ini tersedia beberapa website yang menyediakan tes buta warna online. Dimana anda kan diberikan gambar yang berupa lingkaran dengan titik-titik warna yang disusun dengan sedemikian rupa didalamnya terdapat angka ataupun bentuk benda lainnya. Sedangkan dibawahnya terdapat option jawaban yang dapat dipilih. Setelah setelah mengerjakan soal tes buta warna tersebut nanti secara langsung akan keluar hasil dan analisisnya.

Dengan adanya tes buta warna tersebut tentunya sangat memudahkan untuk mengetahui apakah tes buta mata warna sulit atau tidak. Dengan kata lain tes buta warna yang bisa dijangkau secara online tersebut bisa menjadi bentuk latihan tersendiri bagi yang belum pernah. Dengan demikian seseorang yang akan mengikuti tes buta mata telah mengetahui gambaran dan bagaimana cara mengikuti tes buta warna yang biasanya dilakukan pada proses seleksi tertentu.

Tentunya bagi seseorang yang memiliki penglihatan yang normal, akan mampu menjawab angka atau benda yang tersembunyi di dalam lingkaran yang memiliki warna-warni yang berbeda. Namun orang yang memiliki buta warna tentunya akan kesulitan bahkan salah dalam menjawab soal yang diajukan pada tes buta warna yang dilakukan. Demikianlah ulasan mengenai buta warna dan penyebabnya, semoga bermanfaat.

Deskripsi: tes buta warna dilakukan dengan memperlihatkan lingkaran yang tersusun atas titik-titik berwarna yang terbentuk sedemikian rupa sehingga membentuk angka ataupun benda dan harus dijawab benda atau angka apa yang terlihat oleh peserta tes.


Mengenal Apa Itu Tes Buta Warna??? | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply