Manfaat Yogurt Bagi Kesehatan

Sebagian orang yang menyukai yogurt hanya berfokus pada kelezatannya saja. Padahal, yogurt diteliti memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia. Olahan hasil dari fermentasi susu ini bahkan sudah diteliti dalam banyak studi. Untuk lebih jelasnya, mari simak daftar Manfaat Yogurt Bagi Kesehatan pada pembahasan berikut ini.

Manfaat Yogurt Bagi Kesehatan

Manfaat Yogurt Bagi Kesehatan

  1. Baik untuk pencernaan

Bagi Anda yang sering mengalami masalah pencernaan, yogurt bisa menjadi solusi yang tepat. Kandungan nutrisi pada yogurt dipercaya dapat membantu menyingkirkan racun pada makanan yang Anda konsumsi. Oleh sebab itu, tidak salah bila Anda mengonsumsi yogurt secangkir setiap hari. Namun ingat untuk memilih yogurt polos tanpa gula.

 

  1. Meningkatkan berat badan

Bukan saja gemuk yang banyak dipermasalahkan orang-orang, namun juga kurus. Bentuk tubuh kurus tidaklah proposional dan terkesan kurang asupan gizi. Di sini, yogurt dipercaya dapat mengatasi problema tersebut. Bakteri baik di dalam yogurt seperti disebutkan sebelumnya baik untuk pencernaan. Sejalan dengan itu, yourt juga dapat membantu tubuh meningkatkan kecepatan metabolisme. Semua manfaat tersebut sejalan dengan peningkatan kemampuan penyerapan nutrisi pada makanan.

 

  1. Meningkatkan kekuatan tubuh

Manfaat Yogurt Bagi Kesehatan selanjutnya adalah untuk membantu meningkatkan kekuatan tubuh. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa konsumsi yogurt dapat membantu menguatkan tubuh dan sebaliknya, mereka yang tidak lebih rentan terhadap penyakit. Yogurt juga dipercaya dapat menyingkirkan infeksi usus. Sedangkan kita tahu, salah satu organ yang paling banyak diserang penyakit adalah usus.

 

  1. Menjaga kebutuhan kalsium

Tubuh memerlukan kalsium yang cukup setiap harinya dan salah satu sumber kalsium yang lezat dan sehat adalah yogurt. Dengan konsumsi yogurt setiap hari, kebutuhan tubuh akan kalsium dapat terpenuhi dengan baik. Oleh sebab itu, yogurt bisa menjadi pengganti untuk anak-anak Anda yang tidak suka mengonsumsi susu cair.

 

  1. Mencegah tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi bisa menimbulkan masalah kesehatan yang beragam. Biasanya faktor utama yang menyebabkannya adalah konsumsi makanan tinggi lemak. Ada pula faktor-faktor lainnya yang saling melengkapi. Sedangkan untuk mengatasi serta mencegah tekanan darah, salah satu makanan yang bisa membantu adalah yogurt. Menurut penelitian, yogurt dapat membantu mengurangi natrium yang mungkin berlebihan di dalam tubuh, sehingga penurunan tekanan darah bisa lebih efektif.

 

  1. Menurunkan kolesterol

Selain tekanan darah tinggi, yogurt juga dipercaya berkhasiat menurunkan kolesterol. Bakteri baik pada yogurt dipercaya membantu menurunkan kolesterol jahat. Kolesterol sendiri disebabkan oleh konsumsi lemak, gorengan, dan produk tinggi gula. Jadi, pilihlah yogurt polos tanpa gula.

 

  1. Baik untuk kesehatan gigi

Salah satu kandungan yogurt yang bermanfaat adalah asam laktat. Senyawa tersebut dipercaya dapat menjaga kesehatan mulut, termasuk juga gusi, yang secara tidak langsung juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi.

 

Kesimpulan

Yogurt kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh manusia. Terlebih untuk pencernaan, dikarenakan kandungan bakteri baiknya. Selain itu, bila melihat pada daftar Manfaat Yogurt Bagi Kesehatan di atas, kita bisa mengetahui bahwa yogurt sangat cocok untuk dikonsumsi sehari-hari, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Manfaat Yogurt Bagi Kesehatan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply