Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Wortel adalah bahan makanan yang sangat populer di Indonesia. Banyak sekali jenis-jenis masakan yang terdapat wortel di dalamnya. Selain karena rasanya yang lezat, wortel juga terkenal dengan kandungan vitamin A yang sangat kaya. Bahkan, tidak sedikit orang yang menggunakan jus wortel sebagai salah satu minuman rutin setiap hari. Untuk lebih jelasnya, mari Kita simak beberapa manfaat wortel untuk kesehatan di bawah ini.

Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Manfaat Wortel untuk Kesehatan

  1. Menjaga kesehatan mata

Kekurangan vitamin A dapat membuat penglihatan menjadi buruk, bahkan bisa saja terjadi kebutaan pada malam hari. Di sini wortel dapat dijadikan asupan praktis untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin A setiap hari.

Anda bisa memeriksa kesehatan mata, apakah kekurangan vitamin A atau tidak. Selain itu Anda juga bisa melakukan tes dengan melihat suatu benda di temat bercahaya dan tempat gelap. Jika penglihatan Anda buruk, maka mengkonsumsi wortel secara rutin adalah pilihan yang sangat tepat.

  1. Mengurangi risiko kanker

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa wortel mentah mampu mengurangi risiko terjadinya kanker. Pernyataan tersebut juga diperkuat dengan kandungan beta karoten yang terdapat pada wortel. Selain itu, sifat antioksidannya pun mampu menangkal radikal bebas yang sampai saat ini menjadi salah satu penyebab kanker.

Anda bisa membuat jus wortel lalu mengkonsumsinya secara rutin. Kandungan vitamin A, antioksidan dan beta karoten dari olahan jus wortel tersebut dapat mencegah kanker kulit dan kanker payudara serta menetralkan efek oksidasi.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat wortel untuk kesehatan selanjutnya adalah kemampuan untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan kandungan karotenoid yang melimpah, wortel dapat dijadikan bahan herbal untuk mencerahkan kulit. Selain itu, kandungan vitamin A dari wortel juga mampu menjaga kulit dari kerusakan.

  1. Detoksifikasi hati

Dengan rutin mengkonsumsi jus wortel, Anda bisa merasakan khasiatnya berupa kesehatan organ hati. Hal tersebut dikarenakan fungsi vitamin A pada wortel yang dapat memberikan detoksifikasi pada hati serta memaksimalkan pembersihannya.

  1. Baik untuk kehamilan

Manfaat wortel untuk kesehatan lainnya berhubungan dengan ibu hamil dan janin. Seperti yang Kita tahu sebelumnya, wortel memiliki banyak vitamin A. Selain itu, wortel juga kaya akan vitamin C. Kedua vitamin tersebut sangat dibutuhkan oleh janin pada masa pertumbuhan embrio. Selain itu, mengkonsumsi jus wortel ketika hamil juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik bagi sang ibu maupun calon bayi. Anda juga bisa menambahkan jahe pada jus wortel untuk meningkatkan khasiatnya, yaitu untuk mencegah terjadinya morning sickness.

  1. Baik untuk diet berat badan

Manfaat wortel untuk kesehatan yang terakhir adalah sebagai asupan sehari-hari para pelaku diet berat badan. Mengapa? Karena 1 ons jus wortel hanya memiliki 80 kalori saja. Itu mengapa para pelaku diet dapat mengkonsumsi wortel setiap hari untuk mengenyangkan perutnya tanpa perlu takut bertambah berat.

Manfaat Wortel untuk Kesehatan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply