Manfaat Vitamin E Untuk Kesehatan dan Kulit

Vitamin E merupakan salah satu jenis vitamin yang tentunya sering kita baca pada kandungan gizi di kemasan-kemasan makanan. Secara alami, vitamin E banyak terdapat pada bahan makanan, terutama kacang-kacangan (seperti kacang tanah, hazelnut, dan almond), minyak sayur, biji gandum, jagung, minyak kedelai, sayuran berdaun hijau, semisal brokoli, biji bunga matahari, dan lain sebagainya. Dari sisi kelebihannya, ada beberapa manfaat vitamin E yang penting bagi tubuh manusia.

Manfaat Vitamin E untuk kesehatan dan kulit

Manfaat Vitamin E untuk kesehatan dan kulit

Vitamin E terkenal sebagai antioksidan yang dapat larut dalam lemak. Hal itu membuatnya dapat membantu tubuh melindungi sel dari kerusakan, termasuk menjaga tubuh dari masalah-masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan kanker. Bahkan sifat antioksidannya tersebut membuat vitamin ini kemungkinan baik untuk mengatasi dimensia.

 

Selain sebagai pelindung sel, manfaat vitamin E selanjutnya adalah sebagai penunjang sistem kekebalan tubuh. Vitamin E juga dapat melindungi fungsi penglihatan pada mata, sehingga kesehatan mata dapat terlindungi dalam jangka panjang. Hal ini juga didukung oleh sebuah studi yang dilakukan oleh Department of Epidemiology and Health Statistics dari Qingdao University Medical College, yang menyebutkan bahwa asupan vitamin E dan serum tocopherol yang tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko katarak.

 

Vitamin E juga dipercaya dapat berfungsi dalam proses produksi hormon, semisal zat prostaglandin yang penting dalam proses yang terjadi di dalam tubuh, seperti reproduksi, tekanan darah, hingga kontraksi otot. Bahkan, dalam sebuah sudi yang baru-baru ini dilakukan, didapatkan bahwa vitamin E dapat membantu dalam proses perbaikan otot.

 

Kembali ke antioksidan, kita keahui bersama bahwa antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas. Itu berarti, vitamin E cocok untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Di sisi lain, vitamin ini juga dapat mengencerkan darah, sehingga dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah. Bahkan, vitamin E juga dipercaya bisa mengurangi risiko sengatan matahari, serta gangguan pada arteri.

 

Dari sisi kecantikan, manfaat vitamin E dapat dirasakan untuk kulit dan rambut. Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa vitamin E merupakan antioksidan kuat. Ini berarti, vitamin ini juga dapat membantu dalam proses peningkatan sirkulasi darah ke kulit kepala. Itu mengapa, saat ini banyak produk kesehatan rambut yang membuat serum berupa minyak viamin E. Untuk kulit pun serupa, vitamin E dapat membantu dalam proses penyembuhan luka.

 

Masalah-masalah kulit yang umum lainnya, seperti jerawat dan kerutan juga bisa diatasi, karena sifat dari vitamin ini yang dapat mempercepat regenerasi sel. Selain itu, kulit kusam, kering, dan juga kelihatan kurang segar dapat diatasi. Selain kulit, kuku dan kutikula juga dapat diobati. Sehingga tidak salah bila vitamin E juga disebut sebagai obat anti-penuaan.

Baca juga:

Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan
Manfaat Vitamin B Untuk Kulit dan Tubuh
Manfaat Vitamin A Untuk Kulit dan Kesehatan Tubuh

Melihat banyaknya manfaat vitamin E di atas, tentu tidak salah bila vitamin E menjadi salah satu pilihan vitamin sehari-hari. Meski begitu, perlu diketahui bersama bahwa konsumsi vitamin E berlebihan dapat berbahaya. Terlebih untuk produk suplemen, karena berbeda dengan bahan-bahan alami.

Manfaat Vitamin E Untuk Kesehatan dan Kulit | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply