Manfaat Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat merupakan salah satu jenis senyawa yang banyak kita baca pada indeks atau nilai gizi kemasan makanan. Vitamin C sendiri secara ilmiah diteliti merupakan jenis antioksidan kuat yang dapat mensintesis kolagen, termasuk juga untuk meningkatkan kekuatan pembuluh darah dan otot tubuh. Vitamin yang banyak ditemukan pada buah stroberi, jeruk, anggur, kembang kol, melon, cabai, dan selada air ini juga masih memiliki banyak khasiat yang tidak banyak orang ketahui. Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan mengenai manfaat vitamin C di bawah ini.

Manfaat Vitamin C

Manfaat Vitamin C

  1. Mencegah batuk dan pilek

Vitamin C dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut membuatnya cocok untuk mencegah tubuh terjangkit penyakit-penyakit musiman, seperti batuk dan pilek. Dalam penelitian sendiri, vitamin C dipercaya dapat membantu tubuh menyerap zat besi dan dapat membantu tubuh melawan infeksi akibat virus.

 

  1. Menurunkan hipertensi

Khasiat vitamin C selanjutnya berhubungan dengan hipertensi. Orang-orang yang terkena hipertensi memiliki kemungkinan terkena penyakit kardiovaskular yang tinggi. Di sinilah asupan vitamin C dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah, sehingga masalah yang terkait dapat dihindari.

 

  1. Menyembuhkan katarak

Manfaat vitamin C selanjutnya adalah untuk meningkatkan suplai darah ke area mata. Hal tersebut berdampak baik pada kesehatan mata. Bahkan dapat mengobati katarak, yang merupakan salah satu jenis penyakit yang mengganggu penglihatan. Bahkan dalam penelitian lain, penurunan jumlah vitamin C di dalam tubuh dikaitkan dengan penyakit tersebut.

 

  1. Memerangi stroke

Risiko stroke dipercaya dapat dikurangi dengan konsumsi vitamin C. Hal tersebut seperti dijelaskan sebelumnya karena berhubungan dengan pencegahan kardiovaskular. Itu mengapa, penderita stroke ataupun pencegahan stroke banyak melibatkan makanan berupa buah dan sayur yang kita ketahui kaya akan vitamin C. Selain itu, vitamin jenis ini juga merupakan antioksidan, sehingga dapat melawan radikal bebas, yang merupakan salah satu penyebab stroke.

 

  1. Mengobati kanker

Benar, vitamin C juga diteliti dapat mengurangi risiko tubuh terkena berbagai jenis kanker. Bahkan dalam studi lainnya, peningkatan asupan vitamin C dikaitkan dengan penurunan kemungkinan terkena kanker paru-paru, pita suara, mulut, usus besar, tenggorokan, perut, kerongkongan, dan rektum.

 

  1. Mengontrol asma

Bagi Anda yang memiliki masalah berkenaan dengan asma, maka mengonsumsi asam askorbat atau vitamin C layak dicoba. Menurut penelitian, vitamin ini dipercaya dapat mengurangi gejala asma, yang tentunya bisa sangat mengurangi produktivitas kita sehari-hari. Vitamin C juga dapat mengurangi efek dari lingkungan yang kotor akibat polusi udara, yang kita tahu sering mengakibatkan asma kambuh.

 

  1. Mencegah penyakit jantung

Masalah jantung memang bisa sangat mengkhawatirkan. Oleh sebab itu, pencegahan patut dilakukan oleh semua orang. Selain dengan selalu melakukan pengecekan kesehatan, mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C juga layak Anda lakukan. Seperti disebutkan sebelumnya, vitamin C dapat melindungi pembuluh darah dari radikal bebas. Sedangkan kita tahu, radikal bebas adalah salah satu penyebab utama timbulnya penyakit jantung.

 

Kesimpulan

Melihat manfaat vitamin C yang sangat besar, tidak ada salahnya bagi kita untuk berusaha menyiapkan makanan atau minuman yang mengandung vitamin C, sehingga khasiat yang tertera di atas bisa kita rasakan. Terlebih kekurangan vitamin C dikaitkan dengan beberapa jenis penyakit berbahaya.

Manfaat Vitamin C | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply