Manfaat Vitamin B Untuk Kulit dan Tubuh

Hidup sehat adalah dambaan banyak orang. Namun tentunya untuk mendapatkannya butuh usaha yang baik. Di antara usaha tersebut adalah menjaga tubuh agar tetap mendapatkan jumlah vitamin yang cukup setiap harinya. Di antaranya adalah vitamin B yang terkenal memiliki banyak jenis. Vitamin B bisa didapat dari berbagai bahan makanan, mulai dari sayuran hijau, susu, daging, biji-bijian, dan lain sebagainya. Vitamin ini sendiri memiliki banyak khasiat. Di antaranya bisa Anda ketahui pada daftar manfaat vitamin B berikut ini.

Manfaat vitamin B

Manfaat vitamin B

  1. Membantu menurunkan risiko stroke

Menurut sebuah uji klinik acak yang dilakukan pada bulan September 2013 serta berlangsung selama 6 bulan, diungkapkan bahwa konsumsi suplemen vitamin B dapat menurunkan risiko stroke hingga 7 persen. Uji tersebut dilakukan bersama 50 ribu peserta dan dilakukan di Zhengzhow, China. Meski begitu, tentunya kita harus tahu bahwa konsumsi suplemen tidak boleh sembarangan. Hendaknya lakukan konsultasi untuk mendapatkan advice terbaik.

 

  1. Mencegah penyakit beri-beri

Vitamin B, khususnya B1 diteliti bila memiliki kadar yang kurang di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko tubuh terkena beri-beri. Bahkan juga dihubungkan dengan penyakit yang menyerang jantung, sistem pencernaan, serta sistem saraf. Beri-beri sendiri merupakan penyakit yag banyak menyerang orang-orang yang kekurangan gizi, serta mereka yang merupakan peminum alkohol berat. Gejala beri-beri di antaranya adalah sulitnya berjalan (lumpuh pada kaki dan tangan) hingga gagal jantung kongestif.

 

  1. Menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan

Manfaat vitamin B selanjutnya lebih luas. Di antaranya adalah vitamin B2 yang banyak ditemukan pada sayuran, produk susu, daging, hingga kacang-kacangan. B2 juga biasa disebut riboflovin dan diteliti dapat membantu tubuh memecah dan menggunakan beberapa senyawa, seperti karbohidrat, lemak, dan protein, sehingga cocok untuk diet.

 

Vitamin B juga dihubungkan dengan sifatnya yang dapat menjaga kesehatan kulit, lapisan usus, serta sel-sel darah. Bahkan mendapatkan asupan vitamin B yang cukup dapat membantu mencegah munculnya sakit kepala migrain, katarak, meningkatkan energi tubuh, sistem kekebalan tubuh, mengobati jerawat, kram otot, dan lain sebagainya.

 

  1. Membantu proses pertumbuhan

Khasiat vitamin B selanjutnya hadir dari B5. Menurut penelitian, mereka yang berusia 14 tahun ke atas hendaknya mendapatkan 5 mg vitamin B setiap hari. Hal ini disebutkan oleh Food and Nutrition Board dari Institute of Medicine. Vitamin B5 diperlukan oleh tubuh dalam proses reaksi biokimia di dalam sel. Vitamin B5 sendiri banyak disebut juga dengan nama asam pantotenat.

 

  1. Menjaga kesehatan darah

Manfaat vitamin B selanjutnya datang dari B6. Vitamin jenis ini disebut dapat membantu metabolisme asam amino dari makanan yang kita konsumsi. Selain itu, vitamin B6 juga dapat membangun sel-sel darah merah baru. Menurut penelitian, vitamin B6 juga dihubungkan pada penurunan risiko penyakit jantung. Bahkan di Amerika Serikat, diteliti bahwa kurangnya vitamin ini dapat menyebabkan anemia, ruam, kebingungan, hingga depresi. Baca juga Manfaat Vitamin A , Manfaat Vitamin C

 

Artikel Kiriman

Kanaya Setya Dewi Irawati

Blog : http://pelangixu.blogspot.com/

Manfaat Vitamin B Untuk Kulit dan Tubuh | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply