Manfaat Vitamin A Untuh Tubuh Manusia

Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia. Senyawa ini bahkan bila tidak terpenuhi bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, terutama yang berhubungan dengan mata. Selain itu, masih ada banyak manfaat vitamin A yang tidak banyak diketahui. Untuk lebih membuka wawasan, Anda bisa coba mengikuti pembahasan di bawah ini.

Manfaat Vitamin A

Manfaat Vitamin A

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Imunitas dapat terjaga, bahkan ditingkatkan efekivitasnya dengan rutin mengonsumsi makanan kaya vitamin A. Terutama kekebalan tubuh terhadap infeksi. Hal tersebut karena vitamin A dapat meningkatkan respon limfosit terhadap antigen penyebab penyakit. Vitamin A juga dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih, mencegah kuman memasuki tubuh, hingga meningkatkan perlindungan dua kali lipat.

 

  1. Menjaga kesehatan kulit

Radikal bebas dan racun yang dapat menyerang kulit dapat dicegah dengan konsumsi vitamin A yang cukup. Seperti yang kita tahu, racun serta radikal bebas adalah salah satu musuh terbesar, yang sangat dapat merusak jaringan kulit. Vitamin A juga bahkan diteliti dapat membantu melenturkan dan melembutkan kulit, dengan cara meningkatkan retensi kelembapan, mencegah kekeringan, dan mengurangi risiko kulit terkena penyakit, semisal psoriasis.

 

Bagi Anda para remaja atau orang dewasa yang sedang mengalami masalah jerawat, maka mengosumsi vitamin A secara teratur layak untuk dicoba. Menurut penelitian, vitamin A dipercaya dapat memelihara jaringan kulit dari serangan racun, yang salah satunya dapat menyebabkan jerawat. Hal tersebut karena efek antioksidan yang kuat.

 

Selain itu, vitamin A juga dipercaya dapat mengurangi atau memperlambat proses penuaan. Kerut, bintik-bintik, dan kulit halus di wajah dapat dihilangkan dengan konsumsi vitamin A yang baik.

 

  1. Baik untuk tulang dan gigi

Vitamin A juga merupakan salah satu senyawa yang diperlukan tubuh untuk membentuk dentin, yaitu lapisan keras yang terdapat di bawah permukaan gigi. Dengan begitu, vitamin A secara tidak langsung berperan dalam meningkatkan kekuatan gigi secara keseluruhan.

 

  1. Meningkatkan kesehatan mata

Wortel dan vitamin A layaknya dua pasangan yang tidak dapat dipisahkan. Sejak daulu, kedua hal tersebut memang sangat dikaitkan dengan kesehatan mata. Menurut penelitian sendiri, ada banyak manfaat vitamin A untuk mata. Misalnya saja meningkatkan penglihatan saat malam, menjaga kelembapan mata, membantu menyesuaikan diri saat perubahan cahaya, hingga mengurangi, mengobati, dan mencegah berbagai macam penyakit terkait mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

 

  1. Mencegah beberapa jenis kanker

Sifat antioksidan yang kuat pada vitamin A membuatnya dipercaya dapat mencegah berbagai jenis kanker. Selain itu, vitamin A juga dapat membantu menurunkan kolesterol darah, sehingga juga dapat membantu tubuh mengurangi risiko terserang stroke dan penyakit jantung.

 

Kesimpulan

Setelah melihat pembahasan mengenai manfaat vitamin A di atas, tentunya sekarang kita bisa tahu begitu besarnya kegunaan dari senyawa tersebut. Oleh sebab itu, jangan segan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A. Misalnya saja ada kuning telur, wortel, minyak hati ikan, brokoli, bayam, ubi jalar, tomat, pepaya, kacang polong, aprikot, labu, dan buah-buahan secara umum.


Manfaat Vitamin A Untuh Tubuh Manusia | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply