Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Sudah tidak diragukan lagi dengan manfaat temulawak yang banyak dijumpai di sekitar kita. Temulawak adalah bahan obat tradisional asli indonesia. Temulawak merupakan tanaman yang berbentuk akar dan rimpang yang berguna untuk obat. Temulawak mengandung mineral, minyak lemak, minyak atsiri, kurkuminoid, tepung, protein, serat kasar, karbohidrat, antioksidan. Adapun Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh, hati, jantung dan ginjal memang sudah terbukti kehebatannya. Adapun manfaat temulawak tersebut adalah :

Manfaat temulawak

Manfaat temulawak

  1. Menjaga kesehatan hati

Temulawak ini sangat baik untuk kesehatan hati. Karena fungsi hati dapat terjaga kesehatannya dengan mengkonsumsi temulawak. Karena temulawak mengandung katagoga yang membantu hati untuk memproduksi empedu dan juga memberikan rangsangan agar mengosongkan empedu.

  1. mengurangi radang sendi

Temulawak mengandung kurkumin yang baik untuk kesehatan anda terutama mengurangi radang sendi.

  1. Menurunkan lemak darah

Temulawak dapat menurunkan lemak darah. Karena temulawak menghasilkan ekstrak temulawak dan juga fraksi kurkuminiod, dan bermanfaat juga menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Melancarkan pencernaan

Apabila anda mengalami masalah pencernaan atau perut kembung maka bisa menggunakan dengan temulawak yang caranya dengan mengkonsumsi temulwak setiap hari secara rutin.

  1. Menyehatkan jantung

Temulawak mempunyai kandungan yang baik untuk tubuh yaitu untuk menjaga kesehatan jantung anda.

Manfaat Temulawak Untuk Wajah

Temulawak bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga manfaat temulawak untuk wajah. Adapun manfaatnya yaitu :

  1. menghaluskan kulit

Manfaat temulawak pertama yaitu menghaluskan kulit. bahan alami yang terkandung dalam temulawak berfungsi mengikis sel kulit mati yang menyebabkan kulit terlihat kusam dan tidak berjerawat. Caranya dengan menempelkan irisan temulawak pada wajah.

  1. Mengatasi Jerawat

Temulawak juga bisa mengatasi jerawat dan bekasnya di wajah anda. karena temulawak mengandung anti bakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat di wajah anda. Dan juga berfungsi mengurangi jerawat yang menyebabkan pembengkakan di wajah. Caranya irislah tipis temulawak tersebut lalu gosokkan pada jerawat ada juga yang dikonsumsi secara langsung.

  1. Mengatasi Keriput

Antioksidan yang terkandung pada temulawak ini dapat membantu mengatasi keriput di wajah dan membuat anda lebih muda dan juga dapat mengangkat sel kulit mati sehingga memperbaiki tekstur kulit yang rusak dan mati. Masalah ini biasanya dialami oleh orang di atas 30 tahun. Caranya dengan mengkonsumsi jamu temulawak secara rutin.

  1. Pencerah Alami Kulit

Manfaat temulawak yang selanjutnya adalah dapat mencerahkan kulit dan terbukti aman. Karena dapat mengurangi pigmen dan kulit yang berbeda kontras warna dengan yang lainnya

Temulawak banyak dimanfaatkan sebagai minuman kesehatan tradisional atau herbal. Bahkan minuman temulawak ini sudah banyak diproduksi sebagai minuman kemasan.

Deskripsi : Manfaat temulawak bagi tubuh kita memang sangat banyak. Kita mungkin tidak begitu menyadari tanaman obat yang satu ini.

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply