Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Bulan suci Ramadhan yang kita tunggu telah tiba, bulan yang penuh rahmat apapun yang kita lakukan bisa menjadi ibadah tepatnya satu bulan penuh ini, kita tahu kalau puasa menahan di dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa, hal paling sederhana yang kita tahu saat puasa tidak boleh makan dari mulai terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari, dari situ banyak yang beranggapan puasa itu membuat badan lemas dan kelaparan.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan image by loop.co.id

Sebenarnya untuk dapat menahan dari segala sesuatu yang membatalkan puasa adalah niat sesudah sholat tarawih atau sebelum makan sahur, itu cara paling baik untuk yang menjalankan puasa utamanya, puasa tidak akan merugikan siapapun yang menjalankannya, kita bisa mengontrol dan mengistirahatkan lambung karena tidak terisi makanan sama sekali, subhanallah berkah dari puasa sangat bermanfaat.

Apakah anda berfikir kalu puasa akan mengganggu kesehatan dalam tubuh? Anggapan yang seperti itu tidak benar, mengapa demikian bisa begitu.

Beberapa manfaat puasa untuk kesehatan tubuh

Menyehatkan system pencernaan, ketika anda menjalankan puasa organ-organ pencernaan anda akan tetap stabil karena dapat beristirahat dengan baik, cairan yang masuk dalam tubuh akan seimbang dan juga pelepasan energy mengikuti pola secara bertahap.

Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Penyakit jantung dapat menyerang kapanpun dan dimanapun, makanya puasa dapat mengurangi dampak buruk agar tidak mudah terkena serangan jantung, saat itu juga tubuh melakukan peningkatan HDL  dan penurunan LDL yang seimbang

Menurunkan kolesterol berlebih

Terdapat sejumlah orang membuktikan kalau puasa dapat menurunkan kadar kolesterol, mereka yang sudah membuktikan telah melakukan pemeriksaan kadar kolesterol sebelum dan sesudah menjalankan 1 bulan penuh puasa ramadhan.

Otak lebih kreatif dalam berfikir

Puasa malah bermanfaat mengotimalkan fungsi otak untuk berfikir, ketika merasa lapar dan haus saat berpuasa otak berpacu untuk berpikir lebih tajam dan memunculkan ide-ide kreatif.

Mengurangi kebiasaan pola makan yang buruk

Kalau biasanya anda tidak pernah memperhatikan pola makan baik, saat puasa anda lebih terjaga dari makanan yang kurang baik, yang biasanya merokok juga akan berhenti ketika puasa.

Mengontrol berat badan

Proses diet atau menurunkan berat badan lebih mudah saat menjalankan puasa, karena puasa membantu anda untuk makan yang cukup dan tidak akan makan berlebihan lagi.

Membantu kesehatan ginjal

Kesehatan ginjal akan terjaga, Karen aginjal juga bisa beristirahat dari fungsinya menyaring zat berbahaya dari makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh, dengan asupan yang berkurang akan sangat berdampak baik pada proses metabolism dalam tubuh.

Mencegah penyakit diabetes

Kadar gula yang berlebihan memicu terjadinya diabetes, diabetes bukan penyakit biasa yang dapat dengan mudah disembuhakan, untuk mengurangi kadar glukosa puasa adalah pilihan yang baik untuk menjaga kadar gula agar tetap stabil.

Semoga anda lebih tahu kalau dibalik puasa terdapat manfaat yang sangat baik untuk mencegah penyakit, dari Manfaat Puasa Bagi Kesehatan semoga anda bisa menjalankan puasa dengan baik.

 

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply