Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

Minyak kayu putih adalah olahan dari kayu putih yang sangat terkenal di dunia. Salah satu jenis rempah-rempah ini sudah dipercaya sejak zaman kuno untuk mengobati banyak penyakit dan beberapa diantaranya dapat Anda lihat pada pembahasan mengenai manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan di bawah ini.

Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

  1. Pilek dan flu

Kayu putih bekerja sebagai ekspektoran yang dapat membersihkan tubuh dari berbagai mikroorganisme dan racun yang berbahaya. Salah satu cara terbaik untuk menggunakan minyak kayu putih sebagai obat pilek dan flu adalah dengan menggunakan beberapa tetes minyak esensial tersebut ke dalam diffuser sebelum Anda tidur. Dengan cara ini, pilek dan flu akan disembuhkan sepanjang malam.

  1. Gizi untuk rambut

Anda dapat mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan beberapa minyak zaitun atau minyak kelapa. Ramuan herbal ini dapat membuat rambut Anda lebih lembab, sekaligus menangkal timbulnya ketombe dan rasa gatal pada kulit kepala. Kayu putih juga diteliti dapat menjadi obat alami untuk menghilangkan kutu.

  1. Pembersih tangan

Dengan menggunakan minyak kayu putih sebagai pencuci tangan, nantinya tangan Anda akan lebih remaja, serta rusam dan lemak akan menghilang. Selain itu, mencampurkan air dibak mandi dengan minyak kayu putih dan garam dapat membuat tangan dan kaki Anda lebih bersih, sekaligus mencegah dari berbagai macam bakteri.

  1. Alergi dan sinusitis

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh NYU Medical School disebutkan bahwa menggunakan kayu putih dapat mengobati sinusitis secara efektif. Selain itu, pasien pengidap alergi pun dapat sembuh lebih cepat ketika menggunakan minyak kayu putih. Penelitian ini dilakukan oleh banyak peserta, dimana Mereka menggunakan minyak kayu putih untuk berkumur.

  1. Menjaga kesehatan rumah

Bukan hanya memberikan aroma yang menyejukan dan hangat, ternyata minyak kayu putih juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu sabun pembersih menangani berbagai masalah rumah. Anda bisa mencampur minyak kayu putih dengan deterjen, air pel, sabun, pembersih toilet dan pembersih jendela. Kelebihan lain dari minyak kayu putih ini untuk membersihkan rumah adalah sifatnya yang tahan lama.

  1. Mengatasi masalah pernapasan

Manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan selanjutnya berhubungan dengan pernapasan. Ada banyak masalah pernapasan yang dapat diobati secara efektif oleh minyak kayu putih. Sebut saja PPOK, asma, bronkitis, pneumonia bahkan hingga penyakit TBC. Kayu putih dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga oksigen dapat dengan mudah masuk ke paru-paru dan secara tidak langsung membuat asma menyingkir. Selain itu, mencampurkan minyak kayu putih dengan minyak peppermint juga dapat melapangkan sesak pada dada.

  1. Mengobati luka

Manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan yang terakhir adalah sebagai antiseptik untuk berbagai luka eksternal, seperti lecet, luka bakar dan luka goresan. Kayu putih juga dapat dibuat menjadi salep untuk menyembuhkan kulit dari luka akibat gigitan serangga. Bahkan, minyak kayu putih memiliki kemampuan untuk menjaga luka dari infeksi, sehingga penyebarannya dapat ditahan.

Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply